Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2023, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Merkurius adalah planet terkecil dan tercepat di tata surya. Merkurius juga merupakan planet terdekat dengan matahari.

Ukuran Merkurius hanya sedikit lebih besar dari bulan Bumi. Dibutuhkan lebih dari 18 Merkurius untuk menjadi sebesar Bumi.

Perjalanan dari Bumi ke Merkurius

Pada titik terdekatnya, Merkurius berjarak 77,3 juta km dari Bumi. Dilansir dari Universe Today, cahaya hanya membutuhkan waktu 4,3 menit untuk melakukan perjalanan dari Bumi ke Merkurius saat kedua planet ini berada di titik terdekatnya.

Lantas, bagaimana jika ditempuh dengan pesawat luar angkasa? Pesawat luar angkasa tercepat yang pernah diluncurkan dari Bumi adalah misi New Horizons NASA, yang melaju dengan kecepatan sekitar 80.000 km per jam. Dengan kecepatan ini, New Horizons membutuhkan sekitar 40 hari untuk mencapai Merkurius saat planet ini berada di jarak terdekat dengan Bumi.

Baca juga: Paling Dekat dengan Matahari, Kenapa Merkurius Bukan Planet Terpanas di Tata Surya?

Namun, pesawat luar angkasa tentu tidak menempuh rute lurus antar planet, mereka mengikuti jalur yang menggunakan energi paling sedikit, sehingga membutuhkan waktu yang jauh lebih lama.

Pesawat luar angkasa pertama yang benar-benar melakukan perjalanan ke Merkurius adalah Mariner 10 milik NASA, yang diluncurkan pada 3 November 1973.

Pesawat itu melakukan penerbangan ke Merkurius pada 29 Maret 1974. Saat itu, Mariner 10 membutuhkan waktu selama 147 hari untuk terbang dari Bumi ke Merkurius.

Selain itu, pesawat luar angkasa MESSENGER NASA diluncurkan pada 3 Agustus 2004 untuk mempelajari Merkurius di orbitnya. MESSENGER melakukan penerbangan pertamanya pada 14 Januari 2008 dan menghabiskan waktu selama 1.260 hari untuk mencapai Merkurius.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Merkurius, Planet Terdekat dengan Matahari

MESSENGER diterbangkan untuk mencapai orbit di sekitar Merkurius sehingga pesawat ini melakukan perjalanan dengan kecepatan yang cukup lambat agar dapat masuk ke orbit tanpa terbang melewatinya. Akhirnya, MESSENGER berhasil memasuki orbit di sekitar Merkurius pada Maret 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com