Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Permen?

Kompas.com - 02/11/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Makan makanan manis dan kaya gula, termasuk permen, bisa menjadi topik kontroversial bagi penderita diabetes.

Pasalnya, makanan tinggi gula dapat memicu lonjakan kadar gula darah dan mungkin memperparah gejala diabetes.

Lantas, apakah penderita diabetes tidak boleh makan permen sama sekali?

Permen untuk penderita diabetes

Penderita diabetes, sebenarnya, boleh makan permen. Orang dewasa dan anak-anak penderita diabetes (apa pun jenisnya) masih bisa mengonsumsi makanan manis sesekali.

Dalam hal memilih makanan, detail dan konteks adalah hal yang paling penting. Menentukan batas cukup juga merupakan kunci bagi penderita diabetes dalam menentukan pola makan.

Baca juga: 5 Menu Sarapan Terbaik untuk Diabetes

Perlu diingat bahwa makanan dan minuman tinggi gula memang dapat memengaruhi kadar glukosa lebih cepat, jadi penting untuk memahami bagaimana mamalani tersebut memengaruhi kadar gula darah.

Penderita diabetes juga harus mempertimbangkan perencanaan ekstra jika ingin mengonsumsi permen atau makanan tinggi gula lainnya.

Perencanaan tersebut termasuk menghitung karbohidrat dan mengambil dosis insulin yang tepat, jika membutuhkan hormon tersebut untuk membantu mengelola kondisi diabetes yang diderita.

Penting juga untuk diingat bahwa penderita diabetes biasanya memperhatikan jumlah total karbohidrat dalam makanan serta minumannya, dan tidak selalu memperhatikan kandungan gulanya.

Meskipun permen bisa membuat gula darah naik lebih cepat, namun jumlah karbohidrat itulah yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi permen.

Baca juga: Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Nangka?

Hal yang sama berlaku untuk permen bebas gula, yang tetap mengandung sejumlah karbohidrat yang perlu dipertimbangkan.

Permen tertentu, seperti permen yang mengandung selai kacang atau kacang-kacangan, membutuhkan waktu lebih lama untuk memengaruhi gula darah dan tidak akan menyebabkan lonjakan drastis setelah memakannya.

Namun, permen biasa lainnya yang mengandung gula dapat menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat, dan beberapa ahli medis menyarankan untuk makan permen menjelang waktu makan untuk “meringankan dampak” dari lonjakan gula darah yang tiba-tiba.

Dengan demikian, penderita diabetes tetap harus memperhitungkan kalori dan karbohidrat yang terkandung di dalam permen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com