Serratia marcescens, Bakteri yang Bisa Membuat Roti “Berdarah”

Kompas.com - 02/11/2023, 12:32 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Mikroba atau makhluk hidup yang berukuran mikro seperti bakteri dan beberapa jamur dapat dijumpai pada hampir setiap benda di muka bumi.

Tidak semua mikroba memberi dampak negatif terhadap kehidupan manusia. Ada bakteri yang menguntungkan, misalnya bakteri dalam pembuatan yoghurt atau keju.

Baca juga: Mengenal Bakteri Bacillus Cereus, Penyebab Keracunan Massal Siswa SD di Bandung

Selain itu, bakteri juga bisa bersifat tidak merugikan ataupun menguntungkan manusia, namun keberadaannya menghasilkan perbedaan warna atau tekstur yang unik.

Misalnya bakteri Serratia marcescens, suatu spesies bakteri yang hidup pada area lembab dan hangat dengan penampilan koloninya yang menyerupai darah.

Dilansir dari New Scientist, Sabtu (4/6/1994), penampakan koloni bakteri Serratia marcescens awalnya diteliti oleh Christian Ehrenberg, seorang ahli biologi Jerman pada tahun 1848.

Ehrenberg mengamati adanya titik-titik kemerahan pada kentang yang sudah matang. Titik-titik merah ini terlihat sangat mirip dengan darah, yakni warna merah yang pekat, lalu lama kelamaan melebar dan menutupi semua permukaan kentang.

Fenomena yang diamati Ehrenberg ini muncul pada bulan-bulan musim semi yang bersuhu hangat. Kemunculan “darah” pada bahan makanan ini bukanlah pertama kali yang tercatat dalam sejarah.

Sebelumnya pada tahun 1814, seorang petani di Legnaro, Italia, menemukan adanya darah di polenta (adonan dari jagung) dan menyebar ke bahan makanan lain dalam lemari yang sama, seperti roti dan ayam.

Pada rentang waktu yang berdekatan, seorang ahli farmasi bernama Bartolomeo Bizio menemukan bahwa zat kemerahan di Legnaro tersebut mengandung “benih” atau mikroba yang ia sebut Serratia marcescens.