Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Wanita Juga Berburu di Zaman Prasejarah

Kompas.com - 25/10/2023, 14:08 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG,CNN


KOMPAS.com - Pria di zaman prasejarah lebih sering digambarkan sebagi sosok pemburu. Sedangkan wanita berperan sebagai pengumpul karena secara fisik wanita dianggap tidak mampu melakukannya.

Namun, dalam sebuah studi baru mengungkapkan, wanita juga berburu hewan di zaman prasejarah.

Hal itu terungkap dari penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan di Scientific American. para peneliti mengungkapkan dalam studi ini, wanita juga mampu berburu layaknya pria.

Baca juga: Mengapa Orang Prasejarah Membangun Stonehenge?

Wanita berburu layaknya pria

Dikutip dari Phys, Senin (23/10/2023) temuan ini didapat setelah Sarah Lacy, peneliti dari Universitas Delaware bersama rekannya Cara Ocobock dari Universitas Notre Dame meneliti pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin selama era Paleolitikum, sekitar 2,5 juta hingga 12.000 tahun yang lalu.

Tim juga mengamati perbedaan fisiologi antara pria dan wanita dan menemukan, wanita secara fisik mampu menjadi pemburu.

Pria memang mempunyai keunggulan dibandingkan wanita dalam aktivitas yang membutuhkan kecepatan dan tenaga, seperti lari cepat dan melempar.

Namun wanita juga punya kelebihan dibandingkan pria dalam aktivitas yang membutuhkan daya tahan, seperti berlari.

Tim peneliti menyoroti peran hormon estrogen, yang lebih menonjol pada wanita dibandingkan pria, sebagai komponen kunci dalam memberikan keuntungan tersebut.

Estrogen dapat meningkatkan metabolisme lemak, yang memberikan otot sumber energi yang tahan lama dan dapat mengatur kerusakan otot, sehingga mencegah otot menjadi lelah.

"Ketika kita melihat lebih dalam pada anatomi dan fisiologi modern dan kemudian melihat sisa-sisa kerangka manusia purba, tidak ada perbedaan pola trauma antara pria dan wanita, karena mereka melakukan aktivitas yang sama,” kata Lacy.

Baca juga: Manusia Prasejarah Ciptakan Seni dengan Api, Studi Mengungkapnya

 

Salah satu alasan mengapa wanita juga berburu, pada zaman Paleolitikum sebagian besar masyarakat hidup dalam kelompok kecil. Saat hidup dalam masyarakat kecil, seseorang harus benar-benar fleksibel.

"Setiap orang harus bisa mengambil peran apa pun dan kapan pun," papar Lacy.

Wanita pemburu

Bagaimana wanita ikut berburu di komunitas pemburu-pengumpul juga disebutkan studi baru yang dipublikasikan di jurnal PLOS One.

Makalah itu mengkonsolidasikan bukti bahwa perempuan tidak hanya terbiasa berburu tetapi juga bahwa mereka berburu menggunakan alat dan strategi khusus, dan bahkan mengajari anak-anak berburu.

Sementara itu, dilansir dari CNN, temuan tersebut menambah semakin banyak bukti arkeologi dan mengikis gagasan lama tentang peran gender dalam komunitas pemburu-pengumpul prasejarah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com