Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 20:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Teh merupakan salah satu minuman yang dianggap dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Teh bisa dicampur dengan banyak bahan lain untuk menambah rasa dan khasiat, seperti lemon, madu, susu, dan sebagainya.

Manfaat teh dan susu

Meskipun beberapa jenis teh dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan, teh hijau dan teh hitam adalah yang jenis paling banyak diteliti.

Keduanya terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, namun melewati cara pengolahan yang berbeda.

Teh hijau dan teh hitam kaya akan senyawa tumbuhan yang disebut flavonoid. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan untuk membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul reaktif, yang dikenal sebagai radikal bebas.

Baca juga: Minum Es Teh Manis Saat Cuaca Panas, Ini Panduan BPOM

Secara khusus, teh hijau kaya akan flavonoid yang disebut katekin, sedangkan teh hitam memiliki jumlah theaflavin yang tinggi.

Karena senyawa ini, minum teh hijau dan teh hitam dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, efek antikanker, dan penurunan kadar kolesterol, baik pada penelitian terhadap hewan maupun manusia.

Di sisi lain, susu merupakan minuman akan nutrisi, seperti protein, kalsium, dan potasium, yang penting untuk pertumbuhan yang optimal, komposisi tubuh, dan kesehatan tulang.

Protein susu dapat mengganggu senyawa
teh

Mengingat teh dan susu mengandung senyawa dan nutrisi yang meningkatkan kesehatan, menggabungkan keduanya mungkin tampak bermanfaat.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.800 orang dewasa di China menemukan bahwa konsumsi teh dan susu secara independen dikaitkan dengan penurunan risiko kanker mulut dan mungkin memiliki efek yang sangat menguntungkan bila dikonsumsi bersamaan.

Baca juga: 3 Jenis Teh yang Baik Diminum Saat Flu

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein dalam susu dapat mengganggu penyerapan dan aktivitas antioksidan senyawa dalam teh.

Sebuah penelitian pada 16 wanita dewasa mengamati bahwa minum 2 cangkir (500 ml) teh hitam biasa meningkatkan aliran darah secara signifikan, yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung, dibandingkan dengan minum air putih. Sedangkan, meminum teh hitam dengan susu skim tidak memberikan efek tersebut.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kasein, sejenis protein dalam susu, dapat mengikat flavonoid dalam teh dan mencegah aktivitasnya di dalam tubuh.

Namun, penelitian kecil lainnya pada 9 orang dewasa mencatat bahwa mengonsumsi teh hitam dapat meningkatkan kadar antioksidan flavonoid dalam darah dan menambahkan susu ke dalam teh tidak menghambat efek ini.

Menariknya lagi, para peneliti berpendapat bahwa waktu penyeduhan yang lebih lama dapat menyebabkan penyerapan antioksidan dalam teh lebih baik, terlepas ditambahkan susu atau tidak.

Baca juga: Benarkah Minum Teh Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

Berdasarkan hasil penelitian yang bertentangan, susu mungkin mengganggu aktivitas antioksidan dalam teh sampai batas tertentu, namun mungkin tidak memiliki efek yang sama dengan teh yang diseduh dalam jangka waktu lama.

Dengan demikian hasil studi yang beragam ini, diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami potensi manfaat dan kerugian menambahkan susu ke dalam teh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com