Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Minum Teh Chamomile Bikin Cepat Tidur?

Kompas.com - 02/07/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang yang percaya bahwa minum teh chamomile dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak. 

Tetapi, apakah minum teh chamomile benar-benar membuat kita mengantuk? Adakah bukti ilmiah tentang hal ini?

Penelitian tentang efek teh chamomile

Dilansir dari Live Science, menurut Eric Zhou dari Divisi Sleep Medicine, Harvard Medical School, masih sangat sedikit penelitian yang menganalisis efek teh chamomile untuk tidur. Namun, untuk insomnia, telah ditemukan manfaat sederhana.

Zhou merujuk pada studi percontohan tahun 2011 terhadap orang dengan insomnia kronis. Peserta dalam studi selama 28 hari itu mengonsumsi kapsul dua kali sehari yang mengandung ekstrak chamomile atau plasebo. 

Baca juga: Apa Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari?

Meskipun penelitiannya kecil, penelitian tersebut dilakukan secara acak, double-blind, dan terkontrol plasebo sehingga para peneliti cukup yakin bahwa hasil yang mereka lihat hanya disebabkan oleh interaksi antara bahan kimia dalam ekstrak chamomile dan tubuh peserta.

Hasilnya, studi tersebut tidak menemukan bukti konklusif bahwa chamomile membantu peserta tidur lebih baik daripada kelompok kontrol. 

Peneliti utama studi tersebut, Suzanna Zick dari University of Michigan mengatakan, ada peningkatan sederhana dalam waktu yang dibutuhkan para peserta yang mengonsumsi kapsul chamomile untuk tertidur dan berapa kali mereka terbangun di malam hari, tetapi efeknya tidak besar.

Namun, sebuah studi tahun 2016 terhadap ibu baru menemukan bahwa peserta yang minum teh chamomile setiap hari selama dua minggu tidur lebih nyenyak dan cenderung memiliki lebih sedikit gejala depresi daripada subjek yang tidak minum teh.

Baca juga: Benarkah Kantong Teh Bermanfaat untuk Mata?

Sebuah studi tahun 2017 juga menemukan bahwa pasien lansia yang mengonsumsi ekstrak chamomile, dengan dosis lebih besar daripada yang diberikan dalam studi 2011, dapat tidur lebih baik daripada peserta studi yang tidak mengonsumsi ekstrak chamomile. 

Meskipun ada hasil penelitian yang kontradiktif yang mencegah para ilmuwan memberikan jawaban pasti tentang efek biokimia chamomile pada otak, percaya bahwa sesuatu membantu kita tertidur, pada akhirnya, memang dapat membantu kita tertidur.

Menurut Zhou, secangkir teh chamomile dapat membantu tidur lebih mudah, jika kita percaya itu akan terjadi. 

Terlebih lagi, teh chamomile sangat aman untuk kesehatan, jadi tidak ada yang salah dengan meminumnya sebelum tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com