Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Menambahkan Madu dalam Kopi Baik untuk Kesehatan?

Kompas.com - 21/10/2023, 19:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Madu telah lama digunakan untuk mempermanis makanan dan minuman, termasuk teh dan kopi.

Banyak dari kita yang lebih memilih madu sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan gula atau pemanis nol kalori.

Namun, meskipun madu menawarkan beberapa manfaat kesehatan, madu juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Madu memberikan sejumlah nutrisi

Tidak seperti gula dan pemanis buatan, yang keduanya menawarkan sedikit nutrisi, madu menyediakan beberapa vitamin, mineral, dan senyawa penting lainnya yang dapat memberi sedikit tambahan nutrisi pada kopi.

Madu juga mengandung antioksidan, yang telah terbukti membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas.

Baca juga: Apa yang Membuat Madu Tidak Bisa Membusuk?

Selain itu, madu mentah mengandung serbuk sari, yang telah terbukti membantu mengurangi alergi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meski demikian, sejumlah kecil madu yang biasanya ditambahkan ke kopi panas sepertinya tidak memberikan manfaat yang signifikan.

Menambah kalori kosong

Meskipun madu mengandung beberapa nutrisi, sebagian besar madu mengandung gula.

Untuk kesehatan yang optimal, sebaiknya batasi asupan gula tambahan, termasuk madu, hingga tidak lebih dari 5% dari asupan kalori harian.

Menambahkan 2 sendok teh (14 gram) madu, yang mengandung 40 kalori dan 12 gram gula, ke dalam secangkir kopi dapat dengan mudah melampaui batas asupan ini, terutama jika Anda minum beberapa cangkir per hari.

Baca juga: Benarkah Madu Bisa Mengatasi Gejala Asam Lambung?

Asupan gula tambahan yang tinggi telah dikaitkan dengan obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Jika ingin mengurangi kalori harian, cobalah tidak menggunakan pemanis kopi sama sekali atau memilih pemanis alami tanpa kalori seperti stevia.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menambahkan madu dalam kopi dapat memberikan sejumlah kecil vitamin, mineral, dan antioksidan.

Namun, menggunakan madu juga berarti menambah gula dan kalori serta mengubah rasa minuman.

Pada akhirnya, apakah Anda memilih untuk menambahkan madu ke kopi atau tidak, itu bergantung pada preferensi dan tujuan pola makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com