Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sains Jelaskan Manfaat Jus Bawang Bombai untuk Rambut Rontok

Kompas.com - 02/10/2023, 06:39 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Rambut rontok menjadi masalah yang umum bagi banyak orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari faktor genetik hingga gaya hidup

Merawat rambut dengan baik dan benar tentu bisa menjadi cara untuk mengatasi kerontokan. Beberapa bahan alami dipercaya dapat bermanfaat untuk rambut, salah satunya adalah bawang bombai.

Bawang bombai mungkin efektif untuk mengatasi rambut rontok dalam beberapa kasus. Bawang bombai juga dipercaya dapat mengembalikan kilau rambut, mencegah rambut beruban dini, dan mengatasi ketombe.

Manfaat jus bawang bombai untuk rambut rontok

Sains menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa jus bawang bombai dapat membantu mengatasi rambut rontok. Salah satunya adalah karena bawang bombai kaya akan sulfur, yang merupakan elemen nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Rambut Rontok karena Stres

Sulfur atau belerang ditemukan dalam asam amino, yang merupakan komponen protein. Protein, dan terutama keratin, yang dikenal kaya sulfur, dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut yang kuat.

Jika ditambahkan ke rambut dan kulit kepala, jus bawang bombai dapat memberikan sulfur ekstra untuk mendukung rambut kuat dan tebal sehingga mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Belerang dari bawang bombai juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Pada gilirannya, kolagen akan membantu produksi sel kulit yang sehat dan pertumbuhan rambut.

Bawang bombai juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi. Mengoleskan jus bawang bombai ke rambut dan kulit kepala dapat meningkatkan suplai darah ke folikel rambut, sehingga akan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Baca juga: 10 Makanan untuk Rambut Rontok, Rambut Jadi Tebal dan Sehat

Penelitian tentang jus bawang bombai

Sebagai bukti ilmiah, beberapa penelitian telah menganalisis bagaimana jus bawang bombai dapat mencegah kerontokan rambut, namun belum ada penelitian mengenai manfaat lainnya.

Sebuah studi tahun 2002 mengatakan, peserta studi yang mencuci rambut dengan jus bawang bombai mengalami pertumbuhan rambut lebih banyak dibandingkan peserta yang mencuci rambut dengan air keran.

Namun, penelitian ini sudah berumur lebih dari satu dekade, dan tidak semua subjek menyelesaikan tes tersebut. Oleh sebab itu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui cara kerja jus bawang bombai dan manfaatnya yang signifikan.

Namun, banyak penelitian dan ulasan studi terbaru tentang perawatan rambut rontok alami yang merujuk penelitian tersebut sebagai bukti yang dapat diandalkan bahwa jus bawang merah dapat membantu.

Di sisi lain, jus bawang bombai tidak boleh dianggap sebagai obat untuk kondisi rambut rontok seperti alopecia atau pola kebotakan.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan Menurut Dokter

Jus bawang bombai mungkin memang dapat membantu menstimulasi dan melindungi pertumbuhan rambut, namun tidak diketahui dapat mengatasi penyakit apa pun yang berhubungan dengan rambut rontok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com