Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Manfaat Besar yang Didapat jika Rajin Membersihkan Lidah

Kompas.com - 19/09/2023, 18:35 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Beberapa orang memilih untuk merawat kebersihan mulut mereka dengan dengan cara menggosok atau mengeroknya lidah.

Bagi Anda yang tidak umum melakukannya, tentu ingin mengetahui apa sih sebenarnya manfaat melakukan rutinitas tersebut?

Baca juga: Kenapa Manusia Punya Lidah? Ini Fungsinya

Membantu menyegarkan napas

Dikutip dari Livestrong, Minggu (17/9/2023), jika sedang bermasalah dengan bau mulut, mengerok lidah mungkin bisa membantu mengatasi persoalan tersebut.

Bau mulut disebabkan oleh bakteri dan partikel makanan yang terperangkap di celah antara papila (tonjolan-tonjolan pada permukaan lidah bagian atas) di lidah.

"Dengan mengerok lidah, makin banyak bakteri yang bisa Anda hilangkan sehingga makin kecil kemungkinan mengalami bau mulut," kata Melissa Calhoun, RDH, ahli kesehatan gigi terdaftar di San Diego.

Penelitian terbaru pada bulan Desember 2021 yang dipublikasikan di International Journal of Environment Research and Public Health pun juga menyimpulkan bahwa membersihkan lidah secara mekanis secara signifikan mengurangi bau mulut, apa pun metode yang digunakan (menggunakan sikat gigi, pengikis lidah, atau keduanya).

Meningkatkan kesehatan mulut

Membersihkan bakteri dari lidah secara mekanis juga dapat membantu mencegah penumpukan lapisan plak.

Menurut Cleveland Clinic, bakteri dan partikel makanan yang menempel di mulut dapat berkontribusi pada pembentukan lapisan putih tebal di lidah yang juga dikenal sebagai lidah putih.

Penyebab lidah putih ini antara lain merokok, minum alkohol, mengonsumsi antibiotik, kurang makan buah dan sayuran, serta mulut kering.

Baca juga: Mengapa Menyikat Lidah Penting untuk Kesehatan Mulut?

Sementara itu, kebersihan mulut yang buruk bisa menyebabkan berkembangnya plak dan malah memicu kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Harvard T.H. Chan School of Public Health juga menyebutkan bahwa sebagian besar penyakit mulut memiliki faktor risiko yang sama dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit pernapasan.

Jadi, jika ingin menambahkan perawatan gigi dan mulut, tidak ada salahnya untuk mencoba menggosok lidah karena praktik ini bisa berpengaruh dalam menyegarkan napas.

Namun, bila tidak, menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan benang setidaknya sekali sehari adalah langkah terpenting untuk mendukung kesehatan mulut Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com