Bukan Cuma Indah, Pagar Tanaman Juga Berperan pada Kesehatan Anak

Kompas.com - 17/09/2023, 17:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Pagar tanaman membuat rumah terasa lebih sejuk dan indah. Tapi tahukah Anda, selain membuat nyaman mata, pagar tanaman juga memiliki dampak bagi kesehatan anak?

Ya, inovasi seperti penggunaan pagar tanaman sebagai alat pengurangan polusi udara telah muncul sebagai solusi yang menjanjikan.

Hal ini diungkap sebuah studi baru yang dikutip dari Science Daily edisi (13/9/2023).

Baca juga: Studi Ungkap Tanaman Berpotensi Jadi Solusi Cemaran Mikroplastik

Studi tersebut menunjukkan bagaimana menciptakan pagar antara pinggir jalan dan sekolah dapat mengurangi paparan anak-anak terhadap polusi partikel.

Mengurangi polusi lalu lintas

Tim peneliti dari Universitas Cambridge dan Universitas Lancaster menemukan pagar dapat menjadi pelindung melawan polusi udara di jalan-jalan kota besar dengan menyerap partikel berbahaya yang dikeluarkan oleh lalu lintas.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menggunakan magnet untuk menganalisis partikel yang tertahan oleh pagar yang memisahkan sekolah dasar dari jalan utama di Manchester, Inggris.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lindung nilai tersebut sangat berhasil dalam mengurangi polusi partikel sangat halus yang dapat membahayakan kesehatan.

"Temuan kami menunjukkan bahwa pagar tanaman dapat memberikan cara yang sederhana, murah, dan efektif untuk mengurangi paparan sumber polusi lokal," ujar Hassan Sheikh dari Departemen Ilmu Bumi Cambridge.

Penelitian ini berfokus pada partikel magnetik dari knalpot kendaraan dan bantalan rem serta ban. Ini memungkinkan peneliti membedakan polusi lalu lintas lokal dari sumber polusi udara lainnya.

Polusi partikel ini, yang dikenal sebagai partikel, terdiri dari berbagai senyawa kimia, logam, dan bahan lainnya, beberapa di antaranya beracun.