Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2023, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Uranus adalah planet ketujuh dari matahari. Planet ini merupakan planet terbesar ketiga di tata surya.

Uranus merupakan planet yang sangat dingin dan berangin. Planet raksasa es ini dikelilingi oleh 13 cincin samar dan 27 bulan kecil saat ia berputar pada sudut hampir 90 derajat dari bidang orbitnya.

Kemiringan unik ini membuat Uranus tampak berputar ke samping, dan orbitnya terhadap matahari tampak seperti bola yang menggelinding.

Satu hari di Uranus

Melansir Solar System Exploration NASA, satu hari di Uranus memakan waktu sekitar 17 jam. Ini adalah waktu yang dibutuhkan Uranus untuk berotasi atau berputar satu kali.

Baca juga: Mengapa Astronom Butuh Waktu Lama untuk Menemukan Uranus?

Sementara itu, Uranus melakukan orbit penuh mengelilingi Matahari (satu tahun waktu Uranus) dalam waktu sekitar 84 tahun Bumi atau 30.687 hari Bumi.

Uranus adalah satu-satunya planet yang garis khatulistiwanya hampir tegak lurus terhadap orbitnya, dengan kemiringan 97,77 derajat. Hal ini kemungkinan akibat tabrakan dengan benda seukuran Bumi di masa lalu.

Kemiringan unik ini menyebabkan terjadinya musim paling ekstrem di tata surya. Selama hampir seperempat tahun Uranus, matahari bersinar tepat di setiap kutub, menyebabkan separuh planet lainnya mengalami musim dingin yang gelap dan berlangsung selama 21 tahun.

Keunikan lainnya, Uranus juga merupakan salah satu dari dua planet yang berputar berlawanan arah dengan kebanyakan planet (Venus adalah planet lainnya), dari timur ke barat.

Baca juga: Kenapa Uranus Jadi Planet Terdingin di Tata Surya?

Perjalanan ke Uranus

Pada jarak terdekatnya, Uranus dapat berjarak sekitar 2,6 miliar kilometer dari Bumi. Jaraknya hampir dua kali lipat dari planet berikutnya, Saturnus, bahkan pada jarak terdekatnya ke Bumi.

Sementara itu, pada titik terjauhnya, dalam konjungsi matahari, Uranus bisa berjarak sekitar 3,2 miliar kilometer dari Bumi.

Dilansir dari The Planets, sejauh ini hanya ada satu misi untuk mengunjungi Uranus, dan itu pun dalam waktu singkat.

Voyager 2 adalah pesawat yang pernah mengunjungi Uranus, dalam perjalanannya mengelilingi tata surya bagian luar.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Uranus, Raksasa Es di Tata Surya

Wahana Voyager 2 diluncurkan pada 20 Agustus 1977 dan mencapai jarak terdekatnya dengan Uranus 3080 hari (8 tahun, 5 bulan, 5 hari) kemudian, tepatnya pada 24 Januari 1986.

Pada pendekatan terdekatnya, Voyager 2 berjarak 81.500 km dari Uranus, sebelum wahana ini terbang lebih jauh ke bagian luar tata surya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com