Apakah Lubang Hitam Terdekat Bumi Sangat Dekat?

Kompas.com - 15/09/2023, 19:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Lubang hitam terdekat dari Bumi mungkin jaraknya lebih dekat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Bukti baru menunjukkan, lubang hitam dekat Bumi yang ada di gugus Hyades jaraknya hanya 150 tahun cahaya dari planet ini.

Dilansir dari Live Science, Kamis (14/9/2023), astronom menemukan, lubang hitam yang paling dekat dengan Bumi diperkirakan 10 kali lebih dekat dari yang diduga.

Studi baru yang diterbitkan di jurnal Monthly Notices of Royal Astronomical Society pada September 2023, tim astronom menyelidiki sejarah kosmik dari keluarga bintang yang disebut gugus Hyades.

Gugus Hyades adalah gugus bintang terdekat dari planet Bumi yang terdiri dari ratusan bintang yang memiliki usia, komposisi kimia dan pola pergerakan yang hampir sama.

Baca juga: Apakah yang Terjadi Saat Lubang Hitam Bertabrakan?

Peneliti menggunakan data dari satelit Gaia milik European Space Agency (ESA), yang memetakan bintang-bintang untuk mengamati jarak lubang hitam yang paling dekat dengan Planet Bumi.

Lubang hitam tersembunyi

Mereka melakukan simulasi evolusi gugus bintang tersebut dalam kurun waktu 650 juta tahun, dan menemukan penjelasan terkait distribusi bintang di gugus bintang tersebut yang bergantung pada setidaknya dua atau tiga lubang hitam kecil yang tersembunyi di tengah-tengah Hyades.

"Simulasi kami hanya bisa secara simultan mencocokkan massa dan ukuran Hyades jika ada beberapa lubang hitam di pusat gugus saat ini (atau sampai saat ini)," kata penulis utama studi Stefano Torniamenti, peneliti pascadoktoral di University of Padua di Italia, dalam sebuah pernyataan.

Jika dikonfirmasi, lubang hitam yang tersembunyi di gugus bintang ini akan menjadi lubang hitam terdekat dari Bumi yang pernah terdeteksi.