Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2023, 06:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bersin adalah respons alami yang menghilangkan iritasi dari hidung. Bersin karena pilek atau alergi merupakan hal yang umum, namun beberapa orang juga bisa bersin saat terkena cahaya terang.

Penting untuk diperhatikan bahwa meskipun cahaya terang dapat menyebabkan bersin, refleksnya tidak dipicu oleh cahaya itu sendiri, namun oleh perubahan intensitas cahaya.

Berada di dalam rumah yang terang mungkin tidak akan memicu bersin. Namun, paparan sinar matahari langsung bisa menyebabkan bersin.

Refleks bersin fotik adalah turunan

Dilansir dari Healthline, refleks bersin fotik, sebutan untuk bersin karena cahaya terang, adalah sifat genetik yang diturunkan. Namun, karena bersin adalah hal yang biasa, sifat ini mungkin saja terjadi tanpa disadari.

Baca juga: Sering Bersin di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?

Sifat genetik ini merupakan sifat yang dominan. Jika salah satu orangtua memiliki refleks ini, anaknya dapat memiliki hingga 50% kemungkinan untuk mewarisi refleks bersin fotik.

Gen yang bertanggung jawab atas bersin fotik belum teridentifikasi. Namun, jika seseorang memiliki sifat tersebut, kemungkinan besar ia akan bersin berkali-kali sebagai respons terhadap cahaya terang. Jumlah bersin bisa sedikitnya dua atau tiga kali, namun beberapa orang melaporkan sebanyak 40 kali atau lebih bersin berturut-turut.

Meskipun refleks bersin fotik diturunkan, beberapa peneliti yakin hal ini juga mungkin terjadi akibat faktor lain.

Studi tahun 1995 menemukan adanya hubungan antara bersin fotik dengan penyimpangan septum hidung. Meski demikian, penyebab sebenarnya dari refleks bersin fotik masih belum diketahui.

Baca juga: Apakah Bisa Bersin saat Tidur?

Salah satu teori menyatakan bahwa bersin melibatkan saraf optik. Perubahan cahaya dapat menstimulasi saraf ini, menciptakan sensasi yang sama seperti ada iritasi di hidung. Sensasi ini mungkin menjadi penyebab bersin.

Teori lain menyebutkan, paparan cahaya menyebabkan air mata mengalir sebentar ke hidung. Hal ini juga dapat mengakibatkan iritasi sementara pada hidung dan menyebabkan bersin.

Bukan hanya perubahan cahaya saja yang bisa memicu refleks bersin. Beberapa orang dengan refleks bersin fotik juga sensitif terhadap jenis rangsangan lain.

Misalnya, ada orang yang bersin berturut-turut setelah makan. Hal ini bisa terjadi setelah makan makanan pedas atau makan besar. Makanan pedas dapat memicu bersin karena reseptor di hidung mendeteksi capsaicin atau ekstrak cabai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com