Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Harimau Siberia, Harimau Terbesar di Dunia

Kompas.com - 31/07/2023, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Harimau adalah spesies kucing terbesar dari genus Panthera. Dari 9 subspesies harimau di dunia, 3 di antaranya telah punah dalam 80 tahun terakhir.

Di antara semua subspesies harimau yang masih ada hingga saat ini, harimau Siberia atau Amur (Panthera tigris altaica) dinobatkan sebagai yang terbesar.

Ukuran harimau Siberia

Secara umum, harimau Siberia memiliki panjang antara 2,7 meter dan 3,3 meter dengan bobot antara 180 kg dan 300 kg.

Melansir Discovery Magazine, harimau Siberia terbesar yang pernah tercatat adalah harimau jantan bernama Jaipur, yang dimiliki oleh pelatih harimau kontroversial, Joan Byron-Marasek, di kompleks pribadinya seluas 12 hektar di New Jersey.

Baca juga: 7 Fakta Harimau Benggala, Harimau dengan Taring Terpanjang

Pada tahun 1986, Jaipur berusia 9 tahun dan panjangnya 3,3 meter, dari ujung hidung ke ujung ekor. Saat berdiri, tinggi Jaipur adalah 1,25 meter dan beratnya mencapai 418,2 kg.

Habitat harimau Siberia

Menurut National Geographic, utamanya, harimau Siberia hidup di hutan birch, Rusia timur, meskipun beberapa hidup di China dan Korea Utara.

Meskipun iklim di utara jauh lebih ekstrem, ada beberapa keuntungan bagi harimau Siberia. Salah satunya, hutan di utara memiliki populasi manusia terendah dibandingkan semua habitat harimau.

Tak hanya itu, wilayah hutan yang luas juga memungkinkan harimau Siberia untuk memiliki lebih banyak ruang untuk menjelajah.

Baca juga: Berapa Populasi Harimau Putih di Dunia?

Berstatus terancam punah

Sayangnya, dilansir dari AZ Animals, hanya tersisa 400 ekor harimau Siberia di alam liar. Hewan buas ini banyak diburu sehingga menjadikan mereka sebagai hewan yang terancam punah.

Bulu harimau Siberia dijual di banyak pasar gelap dan beberapa orang bahkan menganggap daging hewan ini sebagai makanan lezat.

Suka menyendiri

Harimau Siberia adalah hewan yang sangat suka menyendiri. Mereka sangat teritorial dan tidak suka berada di sekitar harimau lain. Beberapa wilayah kekuasaan harimau Siberia dapat mencakup ratusan kilometer persegi.

Satu-satunya pengecualian untuk tidak menyendiri bagi harimau Siberia adalah ketika betina masih memberi makan anaknya. Namun, begitu anaknya mencapai usia dewasa, mereka pun akhirnya akan pergi sendiri.

Baca juga: Kenapa Harimau Tidak Ada di Afrika?

Untuk kawin, betina akan menggunakan berbagai suara agar jantan tahu bahwa mereka sudah siap. Vokalisasi ini memungkinkan harimau Siberia jantan dan betina untuk berkomunikasi satu sama lain dan menyatakan niat mereka selagi tetap menjadi hewan soliter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com