Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Harimau Benggala, Harimau dengan Taring Terpanjang

Kompas.com - 30/07/2023, 20:35 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Harimau Benggala (Panthera tigris tigris) merupakan subspesies harimau dengan ciri-ciri bulu berwarna oranye dan garis-garis cokelat kehitaman.

Harimau Benggala memiliki tubuh yang sangat besar, bahkan menyaingi harimau Siberia. Oleh sebab itu, sebagian besar ahli menganggap bahwa harimau Benggala adalah salah satu harimau terbesar di dunia.

Fakta-fakta harimau Benggala

Merangkum Encyclopedia Britannica dan AZ Animals, berikut adalah fakta-fakta menarik tentang harimau Benggala.

1. Habitat asli harimau Benggala

Harimau Benggala memiliki habitat asli di India, Bangladesh, Nepal, dan Bhutan. Harimau ini juga dapat ditemukan di wilayah China barat daya.

Baca juga: Berapa Populasi Harimau Putih di Dunia?

Harimau ini mendiami hutan tropis lembap, hutan kering tropis, hutan gugur lembap tropis dan subtropis, hutan bakau, hutan dataran tinggi subtropis, dan padang rumput aluvial.

Harimau Benggala di Sundarbans, India, dan Bangladesh adalah satu-satunya di dunia yang menghuni hutan bakau. Selain itu, harimau Benggala juga hidup di kaki bukit Himalaya subtropis dan di hutan pegunungan di ketinggian yang lebih tinggi.

2. Memiliki gigi taring terpanjang

Tidak ada kucing lain yang memiliki gigi taring lebih besar dan lebih panjang dari harimau Benggala, yang berukuran hingga 10 cm.

Gigi taring ini digunakan sebagai bagian dari "senjata" saat mereka menyergap mangsa. Dalam hal berburu, gigi bukanlah satunya kekuatan harimau Benggala. Bobot tubuh dan ukuran cakarnya juga berperan penting untuk melumpuhkan mangsa.

Baca juga: Cara Harimau Putih Bereproduksi

3. Harimau Benggala adalah predator penyergap

Harimau Benggala merupakan predator penyergap. Mereka melakukannya dengan menyelinap ke samping atau belakang mangsa untuk kemudian melompat ke arahnya.

Dalam satu gerakan cepat, harimau Benggala akan menggigit leher mangsanya dengan gigi besar mereka. Tak hanya menggigit, harimau Benggala menyentakkan kepalanya untuk mematahkan leher mangsanya.

4. Perenang yang hebat

Harimau Benggala adalah kucing besar yang menyukai air. Bahkan, mereka dapat mengikuti mangsanya ke sungai atau danau dengan berenang.

Menariknya lagi, harimau Benggala tidak mudah lelah saat berada di air. Mereka bisa berenang antara 4 dan 6 km sebelum mereka harus mencapai daratan.

5. Berstatus terancam punah

International Union for Conservation of Nature (IUCN) menganggap harimau Benggala sebagai subspesies harimau yang terancam punah.

Baca juga: Kenapa Harimau Putih Sangat Langka?

Ancaman terbesar terhadap kelangsungan hidup harimau Benggala adalah perburuan liar dan konversi habitat mereka menjadi pertanian, jalan, dan ruang lain yang dikuasai manusia.

6. Berukuran yang sangat besar

Harimau Benggala jantan dapat tumbuh hingga panjangnya mencapai 3,2 meter dengan berat hampir 295 kg. Betina Benggala lebih kecil, yang terbesar berukuran panjang sekitar 2,7 meter dan beratnya mencapai 181 kg.

7. Dapat berlari hingga 60 km/jam

Salah satu alasan harimau Benggala disebut predator yang mematikan adalah karena mereka dapat bergerak dengan sangat cepat.

Ketika harimau Benggala berburu mangsa, mereka dapat berlari dengan 60 km/jam untuk menangkap mangsanya.

Namun, harimau Benggala hanya bisa mempertahankan kecepatan ini untuk waktu yang singkat. Pasalnya, mereka adalah pelari cepat, bukan pelari jarak jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com