Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2022, 18:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Kenapa harimau tidak ada di Afrika? Padahal banyak predator lainnya yang berasal dari famili yang sama, yaitu Felidae, tinggal di tanah Afrika. Contohnya seperti singa dan cheetah.

Alasan kenapa tidak ada harimau di Afrika

Harimau bersama singa dan cheetah memiliki nenek moyang yang sama, yaitu Pseudaelurus dan hidup di Afrika. Salah satu spesies yang terkenal dari Pseudaelurus adalah saber tooth tiger. Kelompok kucing besar ini terus berevolusi di tanah Afrika menjadi famili Felidae.

Namun, sekitar dua juta tahun yang lalu, Felidae melakukan migrasi ke timur ke arah Asia. Hingga saat ini, tidak diketahui alasan mengapa kelompok Felidae ini bermigrasi.

Setelah bermigrasi, Felidae berevolusi menjadi harimau selama lebih dari setengah juta tahun. Evolusi tersebut diyakini sebagai bentuk penyesuaian diri terhadap ekosistem dan mangsa yang ada di tanah Asia yang karakteristiknya sangat berbeda dengan Afrika. Wilayah Asia didominasi oleh hutan, sedangkan wilayah Afrika didominasi padang rumput sabana. Harimau berkembang biak hingga saat ini.

Sayangnya, setelah harimau hidup di Asia, mereka tidak kembali ke Afrika. Itulah sebabnya tidak ada harimau di Afrika dan hanya ditemukan di Asia.

Baca juga: Singa vs Harimau, Siapa yang Lebih Kuat?

Ilmuwan membawa harimau kembali ke tanah Afrika

John Varty, seorang produser film dokumenter dan pecinta harimau, menggagas ide untuk membawa dan mengembangbiakkan harimau di luar Asia. Hal ini dilakukan karena populasi harimau di Asia, seperti Indonesia, India, Nepal, China, dan Rusia, terus menurun dan terancam punah. Menurut Wildlife Conservation Society (WCS), populasi harimau di alam liar hanya kurang dari 3.000 ekor saja.

Mengembalikan harimau ke tanah Afrika merupakan upaya konservasi yang diharapkan bisa mempertahankan harimau dari kepunahan. Harimau yang tengah dibiakkan adalah harimau yang berasal dari China Selatan.

Pada tahun 2005 dan 2008, harimau China Selatan kembali dikirim ke Afrika Selatan dalam program yang sama. Harimau tersebut berhasil beradaptasi dan hidup di padang rumput Afrika dan berhasil menangkap mangsanya, yaitu antelop Afrika.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com