Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Saja Titik Terdalam di Lautan Bumi?

Kompas.com - 26/06/2023, 19:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Palung Mariana adalah tempat terdalam di Bumi, dan titik terdalamnya dikenal dengan nama Challenger Deep.

Namun, selain Palung Mariana, ternyata lautan Bumi memiliki beberapa titik terdalam.

Titik-titik terdalam di lautan Bumi ini ternyata banyak menyimpan kehidupan, yang mungkin selama ini tidak dapat dibayangkan oleh banyak orang.

Kehidupan laut dalam banyak dihuni makhluk-makhluk dengan wujud yang sangat berbeda dengan yang ada di daratan, bahkan mungkin terlihat seperti makhluk luar Bumi.

Lantas, di mana sajakah titik terdalam di lautan Bumi itu?

Titik terdalam lautan Bumi

  • Palung Mariana

Palung Mariana adalah tempat terdalam di dunia. Dilansir dari Live Science, Senin (26/6/2023), titik terdalam palung yang berada di Samudra Pasifik ini disebut Challenger Deep, memiliki kedalaman sekitar 10.973 meter di bawah permukaan air.

Palung Mariana merupakan jurang samudra yang membentang sepanjang 2.542 Km. Challenger Deep yang merupakan titik terdalam di Palung Mariana ini berlokasi di dekat Guam, Amerika Serikat.

Baca juga: Di Mana Tempat Terdalam di Lautan Bumi?

Fakta menariknya, Palung Mariana tak hanya memiliki satu titik terdalam, tetapi ada beberapa titik terdalam lainnya, serta hingga kini baru 27 orang yang tercatat pernah menjelajahi palung ini.

  • Palung Puerto Rico

Tempat terdalam kedua di lautan Bumi, setelah Palung Mariana adalah Palung Puerto Rico yang berada di lepas pantai di ujung selatan Florida. Titik terdalam di palung ini adalah Milwaukee Deep dengan kedalaman mencapai 8.408 Meter.

Palung Puerto Rico, seperti kebanyakan palung laut lainnya, merupakan bukti dari peristiwa subduksi kuno Bumi.

"Sebagian besar habitat hadal ini adalah palung yang terbentuk melalui subduksi, di mana satu lempeng tektonik bergeser di bawah lempeng lainnya, menciptakan ngarai yang dalam," ujar Mackenzie Gerringer, asisten profesor biologi di State University of New York (SUNY) College di Geneseo.

Pergeseran lempeng tektonik juga menjelaskan keberadaan sekumpulan pulau vulkanik yang tersebar di dekatnya. Sebab, subduksi adalah jenis aktivitas tektonik yang sama yang dapat menyebabkan magma naik dari bawah kerak bumi.

Fakta menariknya, daerah di sekitar Palung Puerto Rico ini rentan terhadap gempa bumi dan tsunami karena subduksi. Bahkan, di palung ini terdapat patahan yang terlihat menyeramkan seperti versi Patahan San Andreas.

Baca juga: Di Mana Tempat Terdingin di Tata Surya?

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com