Kompas.com - 11/06/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Jejak molekul yang ditemukan di bebatuan purba berusia 1,64 miliar tahun mengungkap ekosistem kehidupan awal Bumi.

Jejak itu berasal dari organisme yang mendominasi kehidupan Bumi, di dunia yang minim oksigen, ribuan tahuan lalu sebelum munculnya tumbuhan, hewan, dan jamur.

Baca juga: Jadi Salah Satu Predator Terganas di Bumi, Apa Mangsa Favorit T. Rex?

Penemuan organisme ini merupakan studi yang dipimpin oleh ahli paleobiogeokimia Jochen Brocks dan Benjamin Nettersheim dari Universitas Nasional Australia di Australia, yang secara kolektif menamai organisme ini biota protosterol.

Predator pertama di Bumi

Menariknya, mengutip Science Alert, Sabtu (10/6/2023) organisme tersebut bisa menjadi predator paling awal di dunia.

Mereka memakan mikroba yang melimpah di lautan saat itu dan tampaknya juga merupakan nenek moyang dari semua kehidupan eukariotik (organisme yang sel-selnya mengandung nukleus) di Bumi.

Baca juga: Seperti Apa Fosil Pterosaurus Tertua yang Berusia 107 Juta Tahun?

Kehidupan eukariotik ini adalah semua tumbuhan, hewan, jamur yang ada di sekitar kita sekarang, termasuk manusia.

"Mahluk purba yang terdeteksi pada batuan berusia 1,6 miliar ini melimpah di ekosistem laut di seluruh dunia dan mungkin membentuk ekosistem untuk sebagian besar sejarah Bumi," kata Nettersheim.

Ahli paleobiologi telah lama mencari kehidupan eukariota awal, tetapi identifikasi organisme purba paling menantang.

Berhubung sudah lebih dari satu miliar tahun sejak mereka hidup, jejak apa pun yang mungkin mereka tinggalkan kemungkinan besar sangat terdegradasi dan sulit untuk didiagnosis.

Penemuan predator pertama di dunia

Namun akhirnya peneliti berhasil membuat penemuan di batuan di Formasi Barney Creek di Australia.

Mereka secara khusus mencari steroid, biomarker eukariota awal yang pertama kali diprediksi oleh ahli biokimia peraih Nobel Konrad Bloch pada tahun 1994, karena hampir semua eukariota dapat mensintesis steroid.