Kompas.com - 29/07/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com  -Ahli telah menemukan fosil predator hewan paling awal yang diketahui di Charnwood forest, dekat Leicester di Inggris. Tempat tersebut memang terkenal sebagai situs penemuan fosil.

Mahluk itu menurut peneliti punya penampakan yang terbilang aneh, karena memiliki tentakel menyerupai piala penuh dengan jemari yang menggeliat.

Spesimen yang kemudian diketahui berusia 560 juta tahun ini adalah yang pertama dari jenisnya, tetapi terkait dengan kelompok yang mencakup karang, ubur-ubur, dan anemon yang hidup di Bumi saat ini.

Baca juga: Mengenal Ikan Toman, Ikan Predator yang Juga Dikenal sebagai Snakehead

Ahli paleontologi yang menemukannya lantas menamainya dengan Auroralumina attenboroughii. Nama genus Auroralumina diterjemahkan menjadi lentera fajar dan merujuk pada usia tua fosil serta bentuknya yang seperti obor.

Sementara untuk nama spesiesnya, attenboroughii dipilih untuk menghormati Sir David Attenborough, penyiar dan sejarawan alam asal Inggris.

Dikutip dari Phys, Kamis (28/7/2022) penemuan auroralumina ini memberikan wawasan sekaligus menimbulkan pertanyaan mengenai kapan kelompok hewan modern muncul di Bumi.

"Secara umum diyakini kelompok hewan modern seperti ubur-ubur muncul 540 juta tahun yang lalu dalam Ledakan Kambrium. Tetapi predator ini ( Auroralumina) mendahuluinya 20 juta tahun," kata Phil Wilby, palentolog dalam studi ini.

Ledakan Kambrium adalah episode 55 juta tahun di mana kehidupan di Bumi dengan cepat terdiversifikasi. S

elama periode yang berlangsung 541 juta hingga 485,4 juta tahun yang lalu, banyak bentuk hewan berevolusi termasuk leluhur arthropoda, laba-laba, dan krustasea.

Sehingga, peneliti pun menyebut bahwa Auroralumina adalah mahluk paling awal yang diketahui memiliki kerangka.

"Ini adalah makhluk pertama, hewan pertama yang kami sadari yang benar-benar menumbuhkan kerangka," kata Wilby.

Struktur tentakelnya mengisyaratkan bahwa A. attenboroughii kemungkinan memakan plankton dan protista, yang akan menjadikannya pemangsa paling awal yang diketahui di dunia hewan

Sejauh ini peneliti hanya menemukan satu, tetapi sangat menarik untuk mengetahui bahwa masih ada yang lainnya di luar sana yang bisa membantu menguak bagaimana kehidupan kompleks di Bumi dimulai.

Penemuan fosil

Penemuan fosil bermula ketika Phil Wilby dan tim dari British Geological Survey menghabiskan lebih dari seminggu membersihkan permukaan batu seluas 100 m persegi.

Mereka lantas mengambil cetakan karet dari seluruh permukaan dan menangkap kesan lebih dari 1000 fosil, namun ada satu yang menonjol.

"Fosil itu sangat berbeda dengan fosil lain di Hutan Charnwood dan di seluruh dunia," ungkap Frankie Dunn dari Museum Sejarah Alam Universitas Oxford yang melakukan penelitian terperinci fosil.

"Fosil Auroralumina jelas memiliki kerangka dengan tentakel padat yang akan melambai di air untuk menangkap makanan yang lewat, seperti yang dilakukan karang dan anemon laut saat ini," jelasnya.

Baca juga: Dicap Predator Puncak, Hiu Putih Ternyata Takut dengan Hewan Ini

Halaman:
Sumber PHYSORG
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.