Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Pohon Tertua di Dunia yang Ada di Chile?

Kompas.com - 02/05/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jauh di dalam hutan purba yang dilindungi di Chile selatan, terdapat sebuah pohon besar yang telah ada selama ribuan tahun.

Pohon itu mendapatkan julukan sebagai 'Great Grandfather' atau kakek buyut. Kini pohon yang juga dikenal dengan sebutan Gran Abuelo itu digadang-gadang memecahkan rekor sebagai pohon tertua di dunia.

Dilansir dari IFL Science, Selasa (2/5/2023) pohon Great Grandfather adalah spesimen yang luar biasa.

Itu merupakan pohon alerce, pohon Cemara Patagonia dari spesies Fitzroya cupressoides yang berasal dari Chile dan Argentina Selatan.

Great Grandfather memiliki batang yang berdiamater 4 meter dan tingginya 28 meter, kemungkinan memulai hidupnya pada saat manusia pertama kali menemukan tulisan.

Baca juga: Seperti Apa Tubuh Lady Dai, Mumi Terbaik yang Pernah Diawetkan?

Pohon tertua di dunia ini terlindung di jurang yang sejuk dan lembap, yang telah melindunginya dari berbagai ancaman seperti kebakaran hutan dan penebang kayu yang telah memusnahkan banyak kerabatnya dan sejenisnya selama bertahun-tahun.

Sekarang pohon ini telah keriput, berkerut dan menjadi rumah bagi lumut serta pohon-pohon kecil yang mulai tumbuh di celah-celahnya.

Great Grandfather pun akhirnya menjadi pohon yang sangat berharga bagi sains karena mungkin berisi informasi yang berkaitan dengan perubahan iklim dan bagaimana Bumi telah beradaptasi dengan kondisi yang berubah selama berabad-abad.

"Great Grandfather adalah penyintas, tidak ada pohon lain yang memiliki kesempatan untuk hidup begitu lama," kata Antonio Lara, peneliti di Austral University dan pusat ilmu iklim dan ketahanan Chile.

Lebih lanjut, pohon tertua, Great Grandfather ini berusia lebih dari 5.000 tahun, yang membuatnya satu abad lebih tua dari pemegang gelar saat ini, pohon Methuselah yang berusia 4.853 tahun, yakni pohon pinus bristlecone tua yang terletak di California.

Baca juga: Seperti Apa Ikan yang Hidup di Kedalaman 8.000 Meter?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com