Kompas.com - 20/02/2023, 12:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Burung unta adalah salah satu hewan tertinggi di dunia. Mereka memiliki kaki dan leher yang sangat panjang.

Dilansir dari AZ Animals, burung unta dapat mencapai tinggi antara 2 m hingga 3 m saat dewasa.

Dengan kaki panjangnya, burung unta bisa berlari sangat cepat hingga 64 km per jam, meski masih lebih lambat dari cheetah.

Meski termasuk kelompok burung, burung unta tidak bisa terbang dan mereka memiliki sayap yang lebarnya hingga 1,8 m.

Kenapa burung unta tidak bisa terbang?

Burung unta, emu, kasuari, rhea, dan kiwi tidak bisa terbang. Tidak seperti kebanyakan burung, burung-burung tersebut memiliki tulang dada rata dan tidak memiliki lunas yang menahan otot-otot dada yang kuat yang diperlukan untuk terbang.

Baca juga: Kenapa Burung Pelikan Bermigrasi?

Burung yang tidak bisa terbang ini , yang disebut ratites, jelas berbeda dengan spesies unggas lainnya.

Dilansir dari National Geographic, Thomas Huxley, seorang biolog Inggris yang dijuluki "Bulldog Darwin", menemukan kesamaan di antara mereka, yakni susunan tulang di atap mulut mereka tampak lebih mirip reptil daripada burung lain.

Namun, Huxley bingung dengan fakta bahwa tinamous Amerika Selatan yang tinggal di darat tampaknya tidak cocok dengan ratite atau burung lain.

Tinamous bisa terbang dan mereka memiliki tulang dada yang berlunas, menunjukkan bahwa mereka berevolusi dengan burung terbang. Tetapi, tulang langit-langit tinamous cocok dengan ratites.

Para ilmuwan telah memperdebatkan hal ini selama 150 tahun. Saat ini, sebuah studi baru di jurnal Molecular Biology and Evolution telah menganalisis kumpulan data molekuler terbesar, mengklarifikasi posisi tinamous pada pohon evolusi dan menawarkan petunjuk tentang asal-usul ketidakmampuan burung besar untuk terbang.