Sebelum Einstein, Ternyata Gravitasi juga Diteliti Leonardo da Vinci

Kompas.com - 18/02/2023, 19:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Selama ini, teori gravitasi diketahui ditemukan oleh Albert Einstein. Namun, siapa sangka jika penelitian terbaru menunjukkan pelukis Mona Lisa telah lebih dulu memahami konsep gravitasi.

Leonardo da Vinci tak hanya seorang pelukis, dia juga seorang ilmuwan dan penemu. Eksperimennya tentang gravitasi ternyata sempat terlupakan dunia.

Hingga akhirnya, seorang peneliti dari Caltech menemukan pemahaman Leonardo da Vinci tentang gravitasi berabad-abad lebih cepat dari zamannya. Kendati konsep gravitasi yang dieksplorasi da Vinci di masanya masih belum sepenuhnya akurat.

Seperti dilansir dari Phys, Sabtu (18/2/2023), dalam artikel yang dipublikasikan di jurnal Leonardo, para peneliti Caltech menggunakan pandangan baru pada salah satu buku catatan da Vinci.

Pandangan baru tersebut untuk menunjukkan polymath yang terkenal itu telah dirancang dalam suatu percobaan untuk membuktikan bahwa gravitasi adalah bentuk percepatan.

Leonardo da Vinci hidup dari tahun 1452 hingga 1519, sangat jauh saat kurva tentang konsep-konsep gravitasi mulai dieksplorasi.