Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2023, 09:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Alam semesta kita yang sangat tua ini, memiliki banyak misteri yang belum terpecahkan. Salah satunya tentang dark energy atau energi gelap.

Jadi, apa itu energi gelap di alam semesta?

Seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (18/2/2023), energi gelap adalah suatu fenomena misterius.

Nama 'dark energy' atau energi gelap ini diberikan para fisikawan merujuk pada kekuatan yang mendorong percepatan ekspansi atau perluasan alam semesta secara misterius.

Kendati energi gelap membentuk tiga perempat energi massa kosmos, namun sifat dasarnya telah lolos dari para fisikawan selama beberapa dekade.

Sebab, energi gelap itu sendiri tidak berkaitan dengan materi gelap. Artinya, para ilmuwan masih belum memahami secara mendapat tentang apa itu energi gelap.

Pada tahun ini, para ilmuwan mengatakan telah menemukan bukti bahwa energi gelap dapat dijelaskan pada sejenis energi yang tersimpan di dalam lubang hitam.

Baca juga: Apa Itu Patahan Bumi Pemicu Gempa di Banyak Negara, Termasuk Turkiye-Suriah?

Akan tetapi, jika bukti itu benar, maka temuan tersebut akan mengungkapkan bahwa model alam semesta kita saat ini tidak akan memiliki kekuatan atau medan baru di luar konsep gravitasi Einstein guna menjelaskan energi gelap.

Kendati demikian, temuan lanjutan tentang pemahaman energi gelap di alam semesta ini masih diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan tersebut sebelum dapat diterima secara luas oleh fisikawan.

Penjelasan ahli tentang energi gelap

Kendati hinggsa saat ini para peneliti masih belum sepenuhnya memahami seperti apa energi gelap itu, namun mereka telah menggunakan pengetahuan yang dimiliki tentang fenomena misterius tersebut untuk membangun model alam semesta yang dapat menjelaskan segala hal.

Seperti Big Bang hingga struktur galaksi skala besar yang modern. Bahkan, beberapa model alam semesta ini meramalkan bahwa energi gelap akan mengoyak segala sesuatu yang ada pada miliaran tahun dari sekarang.

Jadi, penjelasan utama tentang energi gelap ini menunjukkan bahwa itu merupakan jenis energi terpendam yang melekat dalam jalinan ruang dan waktu.

Baca juga: Apa Itu Fenomena Bulan Bercincin yang Disebut Halo?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com