Kompas.com - 18/02/2023, 09:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Alam semesta kita yang sangat tua ini, memiliki banyak misteri yang belum terpecahkan. Salah satunya tentang dark energy atau energi gelap.

Jadi, apa itu energi gelap di alam semesta?

Seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (18/2/2023), energi gelap adalah suatu fenomena misterius.

Nama 'dark energy' atau energi gelap ini diberikan para fisikawan merujuk pada kekuatan yang mendorong percepatan ekspansi atau perluasan alam semesta secara misterius.

Kendati energi gelap membentuk tiga perempat energi massa kosmos, namun sifat dasarnya telah lolos dari para fisikawan selama beberapa dekade.

Sebab, energi gelap itu sendiri tidak berkaitan dengan materi gelap. Artinya, para ilmuwan masih belum memahami secara mendapat tentang apa itu energi gelap.

Pada tahun ini, para ilmuwan mengatakan telah menemukan bukti bahwa energi gelap dapat dijelaskan pada sejenis energi yang tersimpan di dalam lubang hitam.