Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Mungkin Gravitasi Bumi Bisa Menghancurkan Bulan?

Kompas.com - 07/01/2023, 09:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Bumi dan Bulan telah berdampingan selama jutaan tahun. Ikatan antara Bumi dan satelitnya ini telah memberikan banyak pengaruh bagi seisi makhluk di planet ini.

Gravitasi Bumi juga turut andil dalam membentuk ikatan dengan Bulan. Kendati demikian, apakah gravitasi Bumi bisa menghancurkan Bulan?

Kita tahu bahwa gravitasi Bumi berperan penting dalam membuat planet tetap berada di dalam orbitnya saat mengelilingi Matahari.

Selain itu, berkat adanya gaya gravitasi Bumi ini, manusia, hewan, tumbuhan, dan seluruh benda yang ada di permukaan planet ini tidak melayang ke udara.

Jika gravitasi Bumi bisa menghancurkan Bulan, maka kondisi apa yang diperlukan supaya hal itu terjadi?

Untuk menjelaskan hal tersebut, maka kita perlu memahami konsep batas Roche (Roche limit) dan bagaimana relevansinya terhadap gravitasi suatu planet untuk dapat memecah atau menghancurkan benda-benda langit.

Baca juga: Kenapa Bumi Mempunyai Gravitasi? Sains Jelaskan

Menurut Britannica, dalam astronomi, batas Roche atau Roche Limit adalah jarak minimum yang dapat ditempuh satelit besar untuk mendekati benda utamanya tanpa gaya pasang surut untuk mengatasi gravitasi internal yang menyatukan satelit.

Dilansir dari Science ABC, Jumat (6/1/2023), gaya pasang surut muncul karena adanya gaya gravitasi yang memiliki dua nilai berbeda pada titik yang berbeda pada benda yang sama.

Dalam sistem Bumi-Bulan, suatu titik di permukaan Bulan yang lebih dekat dengan Bumi akan mengalami gaya lgravitasi yang lebih tinggi daripada titik yang lebih jauh dari permukaan Bumi.

Sedangkan gaya gravitasi total di kutub utara Bumi akan mengarah ke bawah, menuju intinya, dan gaya gravitasi di kutub selatan akan mengarah ke atas.

Efek dari perbedaan dan anomali gaya gravitasi Bumi ini adalah bahwa Bulan menjadi sedikit terbentang di sepanjang ekuatornya dan diratakan di sepanjang kutub.

Hubungan antara Bulan dan Matahari pun turut memberikan pengaruh serupa di Bumi, ini yang kemudian menghasilkan peregangan dan pemerasan Bumi di sepanjang ekuator dan kutubnya.

Baca juga: Kenapa Bulan Tidak Jatuh ke Bumi Meski Ada Gaya Gravitasi? Ini Penjelasannya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com