Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Planet dengan Gravitasi Terkuat dan Faktor yang Memengaruhi Gravitasi

Kompas.com - 27/05/2022, 08:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comPlanet dengan gravitasi terkuat adalah Jupiter. Mungkin Anda akan mudah menebak ini karena Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Begini penjelasannya.

Faktor yang memengaruhi gravitasi planet

Gravitasi adalah gaya tarik Bumi yang membuat semua benda akan tetap menempel atau kembali ke Bumi. Misalnya, ketika kita melempar suatu barang setinggi apapun, benda tersebut pasti akan kembali jatuh ke permukaan Bumi.

Gaya gravitasi sangat penting karena kaya gravitasi akan membantu planet untuk tetap berotasi dan berevolusi pada orbitnya. Orbit ini menjaga planet agar tidak saling bertabrakan satu sama lain.

Gravitasi planet dipengaruhi oleh massa, kepadatan, dan ukuran planet. Semakin kecil massa suatu planet, maka gaya gravitasinya juga akan semakin lemah. Selain itu, semakin padat suatu planet, maka gravitasi atau daya tariknya juga akan semakin kuat. Sedangkan untuk ukuran planet, planet yang lebih besar cenderung memiliki gaya gravitasi yang besar pula.

Gravitasi terkuat

Gravitasi terkuat di tata surya kita dimiliki oleh Jupiter. Massa planet Jupiter adalah sekitar 318 kali lebih besar dari Bumi. Namun, gravitasinya tidak 318 kali lebih kuat dari Bumi. Hal ini disebabkan kepadatan planet Jupiter yang rendah.

Selain itu, ukuran Jupiter juga jauh lebih besar dari Bumi. Jupiter memiliki diameter 139.820 kilometer atau setara dengan hampir 11 kali lipat ukuran Bumi. Ukuran yang besar ini juga berperan membuat Jupiter memiliki gaya tarik yang kuat.

Baca juga: Planet dengan Rotasi Tercepat, Sehari di Sana Kurang dari 10 Jam

Gravitasi di planet Jupiter setara dengan 2,4 kali gravitasi Bumi. Gravitasi Bumi adalah 9,81 meter per sekon kuadrat. Sedangkan gravitasi Jupiter adalah 24,8 meter per sekon kuadrat.

Gaya tarik yang sangat kuat ini akan membuat berat badan seseorang juga menjadi berkali lipat di Jupiter. Orang dengan berat 45 kilogram di Bumi akan memiliki berat badan 113 kilogram di Jupiter.

Para ahli meyakini salah satu dampak dari gaya tarik yang sangat kuat ini adalah tidak terbentuknya planet di antara Jupiter dan Mars, dimana letak sabuk asteroid berada.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com