Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Jus Bawang Bombai Bisa Mengatasi Rambut Rontok?

Kompas.com - 13/02/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk mengatasi rambut rontok dan menyuburkan rambut, termasuk dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Salah satu yang populer adalah menggunakan jus bawang bombai. Bahan alami ini dipercaya dapat menghentikan kerontokan dan mendorong pertumbuhan rambut. 

Manfaat jus bawang bombai untuk rambut

Jus bawang bombai mungkin efektif untuk mengatasi rambut rontok dalam beberapa kasus dan dapat mengembalikan kilau rambut yang hilang. 

Selain itu, jus bawang bombai juga bisa mencegah rambut beruban prematur dan mengatasi ketombe. Dilansir dari Healthline, berikut daftar lengkap manfaat jus bawang bombai untuk perawatan rambut:

Baca juga: Benarkah Anak Laki-laki Selalu Lebih Tinggi dari Ibunya?

  • Mengatasi kulit kepala meradang, kering, atau gatal
  • Mengatasi rambut rontok
  • Mengobati ketombe
  • Mengatasi rambut kering atau rapuh
  • Mencegah rambut beruban sebelum waktunya

Apakah jus bawang bombai benar-benar ampuh untuk rambut rontok?

Ilustrasi rambut rontok.Shutterstock/DimaBerlin Ilustrasi rambut rontok.

Sains menunjukkan bahwa ada beberapa penjelasan mengenai manfaat jus bawang bombai untuk mengatasi kerontokan rambut.

Pertama, bawang bombai mengandung belerang makanan yang tinggi, unsur nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Belerang ditemukan dalam asam amino, yang merupakan komponen protein. 

Protein, terutama keratin, yang dikenal kaya sulfur, dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut yang kuat.

Ketika digunakan pada rambut dan kulit kepala, jus bawang bombai dapat memberikan belerang ekstra untuk mendukung rambut yang kuat dan tebal sehingga mencegah kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

Baca juga: Benarkah Makanan Pedas Bikin Asam Lambung Naik?

Belerang dari bawang juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang pada gilirannya dapat membantu produksi sel kulit yang sehat dan pertumbuhan rambut.

Kedua, bawang bombai diyakini dapat meningkatkan sirkulasi. Menggunakan jus bawang bombai ke rambut dan kulit kepala dapat meningkatkan suplai darah ke folikel rambut sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

Ada penelitian tentang bagaimana jus bawang mencegah kerontokan rambut, tetapi tidak pada manfaat lainnya.

Sebuah studi tahun 2002 menunjukkan, peserta penelitian yang keramas dengan jus bawang bombai mengalami pertumbuhan rambut lebih banyak dibandingkan peserta yang keramas dengan air biasa. Peserta pria juga ternyata merasakan manfaat yang lebih besar dibandingkan wanita.

Baca juga: Benarkah Teh Hitam Bisa Menyuburkan Rambut?

Namun, penelitian ini berusia lebih dari satu dekade dan tidak semua subjeknya menyelesaikan tes. Oleh sebab itu, diperlukan lebih banyak penelitian tentang cara kerja jus bawang bombai. 

Perlu diketahui bahwa jus bawang bombai tidak disarankan sebagai obat untuk kondisi rambut rontok, seperti alopecia.

Jus bawang bombai mungkin dapat membantu merangsang dan melindungi pertumbuhan rambut, tetapi tidak diketahui apakah jus bawang bombai dapat mengatasi penyakit terkait kerontokan rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com