Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Manfaat Campuran Susu dan Madu untuk Kesehatan

Kompas.com - 12/02/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Madu dan susu adalah kombinasi yang sering digunakan dalam minuman dan makanan penutup.

Selain sangat lezat dan menenangkan, susu dan madu dapat memberikan rasa yang kaya pada hidangan.

Ditambah lagi, kedua bahan ini telah diteliti khasiatnya dan sering digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Manfaat campuran madu dan susu

Mencampurkan susu dengan madu dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat campuran madu dan susu untuk kesehatan.

1. Dapat meningkatkan kualitas tidur

Banyak orang yang meminum segelas susu hangat dengan madu sebelum tidur untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Susu Hangat Sebelum Tidur?

Faktanya, sebuah penelitian yang melibatkan 68 orang yang dirawat di rumah sakit karena penyakit jantung menemukan bahwa minum campuran susu dan madu dua kali sehari selama 3 hari dapat meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

Selain itu, beberapa penelitian telah mencatat bahwa susu dan madu dapat meningkatkan kualitas tidur, meski dikonsumsi secara terpisah.

Misalnya, satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 10 gram atau sekitar 1/2 sendok makan madu 30 menit sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi batuk di malam hari pada 300 anak dengan infeksi saluran pernapasan.

Penelitiannya lainnya yang dilakukan terhadap 421 orang dewasa menunjukkan bahwa peserta yang secara teratur mengonsumsi susu atau produk olahannya lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kesulitan tidur.

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Menurunkan Berat Badan dan Efek Sampingnya

2. Mendukung kekuatan tulang

Ilustrasi madu. PIXABAY/EXPLORERBOB Ilustrasi madu.

Susu adalah sumber kalsium, yakni nutrisi penting yang berperan penting dalam kesehatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum susu dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan dapat dikaitkan dengan penurunan risiko osteoporosis dan patah tulang.

Menggabungkan susu dengan madu bisa lebih mengoptimalkan manfaat pembentuk tulang. Faktanya, satu ulasan melaporkan bahwa madu dapat melindungi kesehatan tulang karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

Tinjauan lain dari 9 penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi madu dapat mengurangi beberapa efek negatif yang terkait dengan olahraga sekaligus meningkatkan pembentukan tulang.

3. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Susu dan madu masing-masing dikaitkan dengan beberapa manfaat untuk kesehatan jantung.

Baca juga: 3 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Secara khusus, susu telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik, yang dapat membantu membersihkan plak pada arteri untuk melindungi dari penyakit jantung. Namun, ini hanya terbukti untuk susu murni, bukan susu skim.

Susu juga kaya potasium, nutrisi penting yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa madu dapat menurunkan kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Bahkan, madu mampu mengurangi beberapa penanda peradangan, yang juga dapat menyebabkan penyakit jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com