Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Makanan laut, seperti udang, cumi-cumi, kerang, lobster, dan ikan merupakan makanan yang sangat bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Namun, beberapa orang memiliki alergi terhadap makanan laut sehingga tidak bisa mengonsumsinya sama sekali. 

Salah satu alergi makanan laut yang paling umum adalah alergi udang. Reaksinya berkisar dari gejala ringan, seperti gatal-gatal atau hidung tersumbat, hingga gejala yang parah dan bahkan mengancam jiwa.

Penyebab alergi udang

Semua alergi makanan disebabkan oleh reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan mengidentifikasi zat yang tidak berbahaya sebagai sesuatu berbahaya. Zat ini disebut alergen.

Baca juga: Apa Penyebab Thalassophobia?

Dilansir dari Mayo Clinic, pada kasus alergi udang, sistem kekebalan kita secara keliru mengidentifikasi protein tertentu dalam udang sebagai zat yang berbahaya. 

Sistem kekebalan adalah bagaimana tubuh kita melindungi dirinya sendiri sehingga menghasilkan antibodi imunoglobulin E (IgE) untuk melindungi dari alergen.

Jika orang yang alergi udang mendapatkan asupan protein daei udang, antibodi ini memberi sinyal pada sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan bahan kimia seperti histamin ke dalam aliran darah. Ini menyebabkan reaksi yang mengarah pada gejala alergi.

Beberapa orang alergi hanya pada satu jenis kerang, misalnya udang, tetapi bisa memakan yang lain. Namun, ada juga yang alergi kerang dan harus menghindari semua jenisnya.

Baca juga: Apa Penyebab Terjadinya Depresi pada Seseorang?

Alergi terhadap ikan adalah alergi makanan laut yang berbeda dari alergi terhadap kerang. Beberapa orang yang alergi terhadap kerang mungkin masih bisa makan ikan, atau alergi terhadap keduanya.

Konsultasikan dengan dokter untuk membantu Anda menentukan apa yang aman untuk dimakan.

Gejala alergi udang

Ilustrasi alergi.FREEPIK/KARLYUKAV Ilustrasi alergi.

Sistem kekebalan setiap orang berbeda dan alergi udang dapat menyebabkan gejala yang beragam, mulai dari yang ringan hingga yang parah. 

Banyak alergi makanan tidak menimbulkan gejala yang parah, tetapi dapat mengancam jiwa pada beberapa orang dan harus diatasi dengan serius.

Reaksi alergi udang dapat terjadi setelah makan udang, tetapi kita juga dapat mengalami gejala setelah menyentuhnya atau menghirup asap dari udang saat sedang dimasak atau diproses di pabrik.

Baca juga: Apa Penyebab ADHD?

Dilansir dari Better Health Channel, gejala alergi ringan yang dapat terjadi sebelum reaksi alergi parah meliputi:

  • Benjolan merah pada kulit
  • Gatal-gatal
  • Pembengkakan pada bibir
  • Kesemutan pada tenggorokan dan mulut
  • Kulit ruam
  • Hidung tersumbat 
  • Sakit perut, muntah

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini setelah makan udang atau jenis kerang lainnya, periksakan pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com