Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Ikan Mas Koki Hanya Memiliki Ingatan 3 Detik?

Kompas.com - 12/02/2023, 18:03 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ikan mas koki (Carassius auratus) merupakan ikan hias yang memiliki warna oranye, merah, dan kuning yang khas. 

Ikan mas koki telah didomestikasi hampir 2.000 tahun yang lalu sebagai ikan hias di kolam maupun tangki. Ikan ini dipandang sebagai simbol keberuntungan.

Menariknya, ada yang mengatakan bahwa ikan mas koki memiliki ingatan yang pendek, yakni hanya tiga detik. Benarkah demikian? Jika iya, apa penyebabnya?

Ingatan ikan mas koki

Dilansir dari Live Science, ikan mas koki hanya memiliki ingatan tiga detik adalah mitos. Culum Brown, pakar kognisi ikan di University of Macquarie, Australia, mengatakan bahwa ikan mas koki memiliki ingatan yang lebih lama, mencakup minggu, bulan, dan bahkan bertahun-tahun. 

Brown mengatakan, para ilmuwan telah mengetahui bahwa ikan mas koki memiliki ingatan yang cukup baik sejak tahun 50-an dan 60-an.

Baca juga: Benarkah Mulut Anjing Lebih Bersih dari Mulut Manusia?

Brown telah mempelajari kecerdasan ikan, termasuk ikan mas koki, selama lebih dari 25 tahun dan berpendapat bahwa kesalahpahaman ini berasal dari ketidaktahuan tentang kecerdasan ikan secara umum.

Pada kenyataannya, ikan mas memiliki ingatan yang mengesankan, mereka sering digunakan sebagai model umum untuk mempelajari ingatan dan belajar pada ikan. 

Brown menjelaskan, ada ribuan penelitian tentang ikan mas koki yang menunjukkan bahwa ikan ini memiliki daya ingat yang luar biasa.

Sebagian besar studi ini melibatkan makanan. Misalnya, jika ikan mas koki diberi makan hanya di satu sisi tangki, mereka akan dengan cepat belajar dan ingat untuk tetap berada di sisi tangki itu pada waktu makan, terlepas dari apakah mereka benar-benar diberi makan atau tidak. 

Baca juga: Benarkah Kucing Bisa Memprediksi Cuaca?

Ikan mas koki juga merupakan pemecah masalah yang baik dan telah diajari untuk menghindari jaring dan menavigasi labirin. 

Ikan ini bahkan dapat mengingat bagaimana mengulangi tugas-tugas ini selama berminggu-minggu dan bahkan berbulan-bulan kemudian.

Bukti lain menunjukkan bahwa ikan mas koki dapat mengenali dan mengingat individu lain, meski telah lama berpisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com