Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Manfaat Minum Susu Hangat Sebelum Tidur?

Kompas.com - 12/02/2023, 14:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Jika kita sering mengalami kurang tidur, kesehatan fisik dan mental dapat terganggu. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mencari cara agar kualitas tidur membaik.

Minum segelas susu hangat sebelum tidur adalah salah satu cara yang dipercaya dapat membuat tubuh rileks, meredakan kecemasan, dan menjadikan tidur malam lebih nyenyak.

Namun, adakah bukti ilmiah yang menjelaskan manfaat minum susu sebelum tidur?

Manfaat minum susu hangat sebelum tidur

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat minum susu hangat sebelum tidur yang terbukti secara ilmiah.

1. Dapat membantu kita tertidur lebih cepat

Sejumlah kecil penelitian terhadap hewan dan manusia menunjukkan bahwa mengonsumsi produk susu sebelum tidur dapat membantu sebagian orang mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak, meski alasannya masih belum jelas.

Baca juga: Apa Manfaat Berkebun untuk Kesehatan?

Sebagian besar ahli setuju bahwa potensi manfaat ini kemungkinan besar terkait dengan senyawa kimia tertentu atau efek psikologis dari rutinitas tidur yang menenangkan.

2. Dapat memperbaiki siklus tidur yang sehat

Senyawa tertentu dalam susu, khususnya triptofan dan melatonin, dapat membantu kita lebih mudah tertidur. 

Tryptophan adalah asam amino yang ditemukan dalam berbagai makanan yang mengandung protein. Senyawa ini memainkan peran penting dalam produksi neurotransmitter yang dikenal sebagai serotonin.

Serotonin bertugas untuk meningkatkan mood, meningkatkan relaksasi, dan berfungsi sebagai prekursor dalam produksi hormon melatonin.

Melatonin, juga dikenal sebagai hormon tidur, dilepaskan oleh otak. Ini membantu mengatur ritme sirkadian dan mempersiapkan tubuh untuk memasuki siklus tidur.

Baca juga: Apa Manfaat Nostalgia?

Peran triptofan dan melatonin dalam gangguan tidur sudah terbukti dan penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen senyawa ini dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi yang dapat muncul pada waktu tidur.

Namun, saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa satu gelas susu mengandung triptofan atau melatonin yang cukup untuk secara signifikan memengaruhi produksi melatonin alami tubuh atau untuk secara alami mengobati pola tidur yang tidak teratur.

3. Efek psikologis

Beberapa ahli menduga bahwa potensi manfaat susu untuk meningkatkan kualitas tidur tidak ada kaitannya dengan profil nutrisinya dan justru lebih erat kaitannya dengan efek psikologis dari ritual tidur yang menenangkan.

Teori lain adalah bahwa minum susu hangat secara tidak sadar dapat mengingatkan kita untuk minum susu sebelum tidur selama tahun-tahun awal masa kanak-kanak. 

Baca juga: Apa Manfaat Rambutan untuk Kesehatan Jantung?

Perasaan menenangkan ini mungkin memberi sinyal ke otak kita bahwa sudah waktunya untuk tidur sehingga kita lebih mudah untuk tertidur dengan damai.

Namun, tidak ada cukup bukti untuk menjamin hasil tertentu dari menambahkan susu ke rutinitas tidur. Diperlukan studi terhadap manusia yang dirancang dengan lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com