Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang bisa mengalami mimpi saat tidur, terlepas dari apakah mimpi itu dapat diingat atau tidak. 

Lantas, bagaimana dengan hewan? Apakah mereka juga bisa bermimpi saat tidur?

Hugo Spires, psikolog eksperimental di University College London, mengatakan bahwa tampaknya sangat mungkin bagi hewan untuk bermimpi.

Dikutip dari National Geographic, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal eLife, Spiers dan rekannya menemukan bahwa ketika tikus di laboratorium ditunjukkan makanan dan kemudian mereka tidur, sel-sel tertentu di otak tikus tampaknya memetakan cara untuk mendapatkan makanan tersebut.

Baca juga: Benarkah Buaya Hewan Paling Setia?

Pada manusia, mimpi terjadi selama gerakan mata cepat atau tidur REM, yang juga dialami sebagian besar mamalia. Jadi, masuk akal jika hewan juga bisa bermimpi.

Apakah kucing bermimpi?

Menurut David M. Peña-Guzmán, penulis "When Animals Dream: The Hidden World of Animal Consciousness", sebenarnya ada bukti bahwa hewan bermimpi dengan cara yang sama seperti kita.

Sementara itu, dr. Cristina Bustamante, dokter hewan di Caring Hands Animal Hospital, Florida, mengatakan bahwa kucing memang bisa bermimpi.

Dikutip dari The Dodo, kita dapat melihat kucing bermimpi ketika mereka berkedut atau menggerakkan mulut atau kaki saat tidur.

Peña-Guzmán menganalisis mimpi pada hewan dengan memeriksa bukti elektrofisika di banyak studi tentang tidur hewan.

Baca juga: Kenapa Banyak Kucing yang Memiliki Kaki Berbulu Putih?

Apa yang dimimpikan kucing?

Sebenarnya, tidak ada cara pasti untuk mengetahui apa yang dimimpikan kucing. Tapi, saat kucing bermimpi, otaknya bekerja seperti otak manusia saat sedang tidur. 

Jadi, ada kemungkinan mereka juga bermimpi tentang orang, tempat, dan peristiwa dalam hidup mereka, sebagaimana manusia.

dr. Bustamante menjelaskan, ada penelitian yang mengukur gelombang listrik pada otak kucing saat mereka tidur dan tampaknya mirip dengan manusia saat tidur.

Menurutnya, ini berarti kucing mungkin bermimpi tentang hal-hal yang mereka lakukan sepanjang hari. Oleh sebab itu, mereka mungkin saja memimpikan orang-orang yang sering mereka temui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com