Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kucing memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya unik dan spesial. Misalnya, tubuh kucing yang sangat fleksibel atau kakinya yang kuat.

Selain itu, kucing juga bisa berjalan dan beraktivitas di ruangan gelap tanpa menabrak benda-benda, seolah mereka dapat melihat dengan jelas di dalam gelap.

Mengingat kemampuannya ini, mungkin banyak yang menduga bahwa kucing bisa melihat dalam gelap. Benarkah demikian?

Apakah kucing bisa melihat dalam gelap?

Menurut Caryn Plummer, spesialis oftalmologi veteriner klinis di University of Florida College of Veterinary Medicine, alih-alih mempertanyakan apakah kucing bisa melihat dalam gelap, perlu diketahui bahwa kualitas penglihatan lebih merupakan spektrum.

Baca juga: Benarkah Kucing Bisa Bermimpi Saat Tidur?

Dilansir dari Live Science, Plummer menjelaskan, jumlah cahaya sekitar yang ada memengaruhi apa yang dapat dilihat oleh seseorang, baik manusia atau kucing. 

Namun, dibandingkan dengan manusia, kucing jauh lebih baik dalam melihat objek ketika cahaya yang tersedia sangat sedikit dan ini sebagian besar disebabkan oleh evolusi mata mereka.

Lebih lanjut, Plummer mengatakan, kucing dapat melihat dalam gelap karena struktur mata mereka, khususnya retina, yang memungkinkan penglihatan yang 'lebih baik' daripada manusia ketika tingkat cahaya rendah.

Kucing memiliki persentase dan konsentrasi fotoreseptor batang yang lebih tinggi daripada manusia, yang berarti mereka memiliki kepekaan yang lebih baik terhadap cahaya sehingga dapat melihat lebih baik, meski dalam tingkat pencahayaan yang rendah daripada yang kita bisa.

Mengapa kucing berevolusi untuk memiliki penglihatan malam yang luar biasa? 

Baca juga: Kenapa Banyak Kucing yang Memiliki Kaki Berbulu Putih?

Menurut Plummer, adaptasi untuk penglihatan adalah akibat langsung dari kebutuhan spesies untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Kucing adalah karnivora yang harus makan daging agar tetap sehat.

Kucing tidak dapat menghasilkan protein tertentu yang dibutuhkan dan harus memperolehnya dari sumber eksternal. Sementara itu, banyak mangsa potensial mereka yang aktif di malam hari.

Meskipun lebih aktif daripada rata-rata manusia pada malam hari, kucing bukanlah hewan nokturnal.

Sebaliknya, mereka dianggap "krepuskular", atau aktif saat senja karena kesukaan mereka berburu saat senja dan fajar. 

Namun, meskipun mata kucing dirancang untuk berjalan di malam hari, kemampuan kucing untuk menavigasi lingkungannya selama waktu hampir gelap lebih dari karena komposisi matanya.

Baca juga: Apa Penyebab Kucing Sphynx Tidak Memiliki Bulu?

Menurut Plummer, kucing juga mengandalkan indra lainnya. Kucing memiliki pendengaran dan penciuman yang sangat tajam, yang membantu kemampuan mereka untuk menavigasi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com