Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2023, 12:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang yang menghiasi ruangan-ruangan di rumahnya dengan tanaman hias indoor untuk menciptakan kesan teduh dan menambah kenyamanan.

Selain itu, beberapa jenis tanaman dipercaya dapat menyerap racun sehingga udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih.

Adapun beberapa jenis tanaman hias indoor yang diyakini dapat membersihkan udara adalah bunga peace lily, lidah mertua, English ivy, spider plants, dan sebagainya.

Benarkah tanaman hias indoor bisa membersihkan udara?

Kualitas udara secara umum dipengaruhi oleh karbon dioksida, karbon monoksida, dinitrogen oksida, serta senyawa organik volatil ( VOC ), yang dapat ditemukan pada beberapa barang atau bahan di dalam rumah kita.

Baca juga: Benarkah Makanan Harus Dikunyah 32 Kali?

Melalui proses fotosintesis, tumbuhan mengubah karbon dioksida yang kita hembuskan dan mengeluarkan gas dari udara melalui proses yang disebut penyerapan.

Dalam laporan NASA tahun 1989, ilmuwan Bill Wolverton mengklaim bahwa tanaman indoor dapat menjadi solusi ekonomis untuk mengatasi polusi udara dalam ruangan. 

Sebelumnya, Wolverton telah mempelajari kemampuan tumbuhan untuk menghilangkan VOC dari lingkungan dan potensinya untuk digunakan dalam misi ruang angkasa. 

Namun, penelitian yang lebih baru di jurnal Building and Environment memberi jawaban lebih lanjut tentang kemampuan tanaman dalam membersihkan udara.

Baca juga: Benarkah Buaya Hewan Paling Setia?

Dilansir dari Live Science, para ilmuwan yang mempelajari keefektifan tanaman indoor untuk menghilangkan ozon secara pasif menemukan bahwa tanaman hias memberikan kontribusi paling baik sekitar 0,9–9 persen terhadap penghilangan ozon dalam ruangan.

Penelitian ini melakukan tes di laboratorium untuk mensimulasikan efek pada rumah. Hasilnya, peneliti menemukan, tanaman hias hampir tidak mempengaruhi lingkungan. 

Untuk membuat perbedaan yang signifikan pada kualitas udara di rumah, kita perlu mengisi ruangan dari bawah hingga atas dengan tanaman, kata peneliti. 

Dengan demikian, hanya satu spider plant tidak akan bisa membersihkan udara, namun dinding yang ditutupi tanaman mungkin saja bisa. 

Mengenai jenis tanaman yang dapat membersihkan udara, sayangnya, sains belum memiliki jawabannya.

Baca juga: Benarkah Ada Cinta pada Pandangan Pertama? Sains Beri Jawaban

Sebuah makalah tahun 2018 yang diterbitkan dalam Trends in Plant Science mengatakan, tanaman mungkin bisa menghilangkan polutan, tetapi hanya ada sedikit penelitian tentang jenis mana yang paling efektif. 

Makalah ini menyimpulkan bahwa kapasitas tanaman untuk menghilangkan polutan udara dalam ruangan melalui serapan stomata (penyerapan) dan deposisi non-stomata (adsorpsi) sebagian besar masih belum diketahui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com