Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Sindrom Manusia Serigala dan Penyebabnya?

Kompas.com - 20/01/2023, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Beauty and the Beast ternyata tak sekadar dongeng yang cukup populer di kalangan anak-anak. Sebab, di balik dongeng ini terselip kisah nyata tentang seorang pria dengan kondisi seluruh wajah dan tubuhnya ditumbuhi rambut.

Kondisi itu dikenal sebagai sindrom manusia serigala atau Werewolf Syndrome, dalam istilah medis disebut dengan hipertrikosis.

Apa itu sindrom manusia serigala dan sebenarnya apa penyebab kondisi aneh ini?

Dikutip dari Medical News Today, Jumat (20/1/2023), hipertrikosis atau yang populer dikenal dengan nama sindrom manusia serigala adalah kondisi langka dan aneh yang menyebabkan pertumbuhan rambut berlebihan di seluruh tubuh.

Baca juga: Apa Itu Sindrom Tidur Pendek yang Dialami Elon Musk hingga Barack Obama?

Teori penyebab sindrom manusia serigala

Penyebab sindrom manusia serigala ini dijelaskan dalam beberapa teori. Salah satunya, hipertrikosis kongenital yang dapat diwariskan dalam keluarga.

Ahli meyakini bahwa sindrom manusia serigala ini disebabkan oleh gen yang merangsang pertumbuhan rambut menjadi aktif secara tidak normal.

Pada kebanyakan orang, gen yang menyebabkan pertumbuhan rambut yang luas terjadi pada nenek moyang manusia yang paling awal.

Sekarang, gen tersebut tidak aktif dan tidak lagi diperlukan. Sebab, manusia sekarang tidak lagi memerlukan bulu yang tebal untuk melindungi tubuh dari suhu udara yang dingin agar tubuhnya tetap hangat.

Baca juga: Apa Itu Campak yang Banyak Menyerang Anak-anak?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com