Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Petai yang Jadi Makanan Favorit Orang Indonesia?

Kompas.com - 22/09/2022, 08:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Petai atau pete adalah tanaman asli Asia Tenggara yang sering dikonsumsi, baik secara mentah atau dimasak. Bagi sebagian besar orang Indonesia, petai adalah makanan favorit yang kerap dijadikan pendamping masakan pedesaan.

Namun, sebenarnya apa itu petai?

Petai memiliki nama latin Parkia speciosa Hassk, dikenal juga sebagai stink bean dan merupakan tanaman asli Asia Tenggara.

Umumnya, petai dapat dikonsumsi mentah maupun ditambahkan dalam berbagai olahan masakan.

Menurut peneliti dari Universiti Kebangsaan Malaysia dalam studi yang dipublikasikan di jurnal National Library of Medicine, dikutip Kamis (22/9/2022) Parkia speciosa Hassk atau petai adalah tanaman yang termasuk polong-polongan.

Petai juga banyak ditemukan tumbuh di daerah tropis seperti Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina. Petai termasuk tanaman dalam genus Parkia dan spesies speciosa dalam famili Fabaceae.

Baca juga: 13 Manfaat Petai untuk Kesehatan, Apa Saja?

 

Di Indonesia, Malaysia dan Singapura, tanaman ini dikenal dengan nama petai atau pete. Sedangkan di Thailand, petai dikenal sebagai sator atau sataw, di Filipina dikenal sebagai u'pang dan yongchak di India.

Serba-serbi tentang petai

Tinggi pohon petai dapat mencapai 40 meter. Petai merupakan tanaman dengan buah yang memanjang dengan daun majemuk yang terususn sejajar.

Dalam satu buah petai, biasanya terdapat hingga 20 biji petai berwarna hijau muda dan dibalut selaput pada setiap polongnya.

Biji-biji petai akan mengeluarkan bau yang khas. Biji-biji petai inilah yang kemudian dapat dimakan atau dikonsumsi secara mentah misal sebagai pelengkap lalapan yang umumnya disajikan dalam masakan Sunda atau Jawa, atau di Malaysia dikonsumsi sebagai ulam.

Baca juga: Halo Prof! Kenapa Makan Petai Bikin Pipis dan Keringat Berbau?

Manfaat dan nutrisi petai

Petai tak sekadar dikenal sebagai pendamping makanan yang difavoritkan banyak orang, terutama di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia maupun Singapura.

Tanaman polong-polongan berbau unik dan khas ini juga telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat di kawasan Asia sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit.

Dalam pengobatan tradisional, manfaat petai telah digunakan untuk mengobati diabetes, hipertensi, dan masalah ginjal.

Nutrisi yang terkandung pada pete atau petai ini di antaranya kaya akan mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ekstrak dari petai dapat memiliki kandungan polifenol, pitosterol dan falvonoid yang tinggi. Oleh karenanya, petai diyakini memiliki manfaat antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Baca juga: 13 Manfaat Petai untuk Kesehatan, Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com