Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan bagi Kesehatan Otak

Kompas.com - 10/01/2023, 10:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan diketahui punya banyak manfaat, termasuk salah satunya bagi kesehatan otak manusia.

Sebuah studi tentang manfaat memiliki hewan peliharaan, baru-baru ini dilakukan pada orang dewasa di Amerika Serikat yang berusia di atas 50 tahun.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki hewan peliharaan selama lebih dari lima tahun punya skor lebih baik pada tes memori kognitif daripada yang tak memiliki hewan peliharaan.

Temuan dari University of Michigan tersebut menunjukkan efek hewan peliharaan yang tak hanya dapat melindungi kesehatan usus dan hati melainkan juga berperan dalam otak manusia yang menua.

Dikutip dari Science Alert, Senin (9/1/2022) hasil studi ini berdasarkan survei perwakilan nasional yang dilakukan dari tahun 2010 hingga 2016 yang menanyakan kepada lebih dari 20.000 orang dewasa di atas usia 50 tahun tentang status hewan peliharaan mereka.

Baca juga: Hewan Peliharaan Jaga Kesehatan Mental Selama Lockdown, Studi Jelaskan

Hasil studi manfaat memiliki hewan peliharaan

Lalu bertahun-tahun kemudian, para peneliti menunjukkan mereka yang mencentang kotak hewan peliharaan pada survei menunjukkan perbedaan yang menarik dalam skor kognitif selama periode pengujian enam tahun.

Efek tersebut hanya terlihat pada peserta berusia di atas 65 tahun, yang biasanya gejala demensia mulai terlihat pada usia tersebut.

Peneliti menemukan jika seseorang dalam kelompok usia tersebut telah memiliki hewan peliharaan selama lebih dari lima tahun.

Ingatan jangka pendek dan jangka panjang mereka rata-rata jauh lebih baik daripada mereka di usia yang sama tetapi tak memiliki hewan peliharaan.

Menariknya, setiap kali peserta diuji selama periode enam tahun, kelompok yang memiliki hewan peliharaan skornya menunjukkan lebih baik bahkan saat mereka bertambah tua.

Baca juga: Unik, Ikan Ini Jadi Hewan Pertama yang Punya Peliharaan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com