Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Wanita Menyusui Tidak Boleh Makan Makanan Pedas?

Kompas.com - 09/01/2023, 16:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Makanan pedas memang selalu tampak menggiurkan. Meski menimbulkan sensasi panas di lidah, makanan pedas bisa membuat penikmatnya ketagihan. 

Namun, karena efek yang mungkin ditimbulkannya, beberapa orang disarankan untuk tidak makan makanan pedas, termasuk wanita menyusui.

Banyak wanita menyusui yang menghindari makanan pedas karena khawatir akan memengaruhi rasa ASInya. Benarkah demikian?

Makanan pedas dan wanita menyusui 

Dilansir dari Healthline, wanita menyusui sebenarnya bisa tetap makan makanan pedas. Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makanan pedas harus dihindari selama menyusui.

Baca juga: Benarkah Tidak Sarapan Bikin Berat Badan Naik?

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang terpapar berbagai rasa melalui cairan ketuban selama kehamilan dan melalui ASI setelah mereka lahir akan lebih terbuka untuk mencoba berbagai rasa makanan saat mereka mulai makan makanan padat.

Dengan demikian, tidak masalah untuk mengonsumsi makanan pedas, terlebih makanan pedas juga dapat memiliki manfaat kesehatan.

Namun, jika mengalami mulas atau sakit perut setelah makan makanan pedas, pertimbangkan untuk mengurangi atau bahkan menghindari makanan pedas.

Makanan yang Anda makan selama menyusui harus menjadikan Anda lebih sehat dan nyaman.

Baca juga: Benarkah Ada Cinta pada Pandangan Pertama? Sains Beri Jawaban

Makanan yang dihindari selama menyusui

Ilustrasi ibu menyusui bayi.Unsplash/Hanna Balan Ilustrasi ibu menyusui bayi.

Ada beberapa makanan yang perlu dihindari oleh wanita menyusui, salah satunya adalah ikan laut yang mengandung merkuri. 

Dilansir dari Parents, karena banyak faktor, beberapa ikan dan makanan laut lainnya mengandung bahan kimia yang tidak sehat, terutama merkuri. 

Di dalam tubuh, merkuri dapat terakumulasi dan dengan cepat naik ke tingkat berbahaya. Tingkat merkuri yang tinggi dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan menyebabkan cacat neurologis.

Adapun ikan laut yang perlu dihindari saat menyusui adalah ikan tuna, ikan todak, mackerel, dan tilefish, yang semuanya cenderung memiliki kadar merkuri yang lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com