Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Hewan Peliharaan Punya Daya Ingat yang Lebih Baik, Studi Jelaskan

Kompas.com - 28/02/2022, 20:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan ternyata tidak hanya baik untuk kondisi emosional seseorang, tetapi bisa bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang, terutama pada fungsi kognitif. Hal itu diungkapkan dalam studi pendahuluan yang dirilis oleh American Academy of Neurology pada Rabu (23/2/2022).

Temuan ini pun rencananya akan dipresentasikan pada bulan April 2022 mendatang. Dalam studinya, para peneliti mengatakan bahwa pemilik hewan peliharaan yang sudah berusia lanjut, mengalami penurunan fungsi kognitif lebih lambat dibandingkan orang yang tidak memelihara hewan.

Adapun studi ini menggunakan data dari University of Michigan's Health and Retirement Study, dengan membandingkan skor kognitif pemilik hewan peliharaan, serta mereka yang bukan pemilik hewan peliharaan.

Baca juga: Hewan Peliharaan Jaga Kesehatan Mental Selama Lockdown, Studi Jelaskan

Lebih dari setengah peserta penelitian mengaku memiliki hewan peliharaan pada saat studi dilakukan, sementara 32 persen di antaranya memiliki hewan peliharaan selama lima tahun atau lebih.

Beberapa hewan yang dipelihara termasuk anjing, kucing, kelinci, hamster, burung, ikan, dan reptil.

Studi awal ini juga melibatkan beberapa tes guna mengevaluasi memori maupun kognisi peserta penelitian selama periode enam tahun.

Kemudian, para peneliti menemukan dalam jangka panjang penurunan kognitif pemilik hewan peliharaan turun lebih lambat 1,2 poin jika dibandingkan orang tanpa hewan peliharaan.

Selama penelitian ini berlangsung, para peserta diberi skor pada skala 27 poin berdasarkan kemampuan kognitif mereka.

Dilansir dari Insider, Jumat (25/2/2022) peserta yang menunjukkan tanda-tanda penurunan kognitif pada awal penelitian, tidak termasuk ke dalam sampel akhir dari 1.369 orang dewasa yang berusia sekitar 65 tahun.

Hewan peliharaan juga dapat meningkatkan aktivitas fisik, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kognitif,” ujar penulis studi sekaligus profesor neurologi di University of Michigan, Tiffany Braley.

Baca juga: Tips Penyelamatan Hewan Peliharaan Saat Terjadi Bencana

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com