Kompas.com - 30/09/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mental pemiliknya selama lockdown. SHUTTERSTOCK/Olena YakobchukIlustrasi hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mental pemiliknya selama lockdown.


KOMPAS.com- Bukan hanya anjing dan kucing, studi mengungkapkan bahwa hewan peliharaan dapat menjauhkan stres pemiliknya selama lockdown.

Menurut sebuah penelitian di Inggris, hewan peliharaan adalah kekuatan untuk mendukung emosional yang penting bagi orang-orang selama penguncian atau lockdown.

Seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (29/9/2020), keberadaan hewan peliharaan ini dapat mengurangi rasa kesepian yang banyak dilaporkan, serta meningkatkan kesehatan mental selama lockdown.

"Studi ini sangat penting karena telah menunjukkan bagaimana memiliki hewan peliharaan di rumah, dapat menahan beberapa tekanan psikologis yang terkait dengan lockdown," ungkap peneliti perilaku hewan Daniel Mills dari University of Lincoln.

Baca juga: Hewan Peliharaan Ternyata Bantu Penyembuhan Gangguan Mental

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, kesepian dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Penelitian sebelumnya, menurut peneliti, hewan peliharaan dapat sangat membantu orang yang hidup dengan penyakit mental yang parah, seperti gangguan bipolar dan skizofrenia.

Kendati demikian, studi ini melibatkan survei terhadap orang dari berbagai kalangan dan dalam keadaan yang sebagian besar belum pernah terjadi sebelumnya.

Survei ini dilakukan antara pertengahan April dan akhir Mei, pada hampir 6.000 orang yang tinggal di Inggris selama masa penguncian atau karantina wilayah.

Baca juga: Survei Virus Corona pada Hewan Peliharaan di Indonesia, Ini Hasilnya

 

Setidaknya, sebagian besar peserta studi adalah pecinta hewan, yang memiliki paling tidak satu hewan peliharaan.

"Meskipun demikian, dalam sampel pecinta hewan, hewan memiliki kaitan dengan efek yang agak dilemahkan dari pengalaman penguncian pada kesehatan mental dan kesepian," kata peneliti dalam makalah studi.

Indikator survei terdiri dari beberapa pertanyaan terkait seberapa dekat dengan hewan peliharaan, kenyamanan, hingga penilaian kesehatan mental para peserta itu sendiri melalui kuesioner.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X