Struktur Batuan Berusia 3,5 Miliar Tahun Jadi Tanda Kehidupan Tertua di Bumi

Kompas.com - 15/11/2022, 08:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Studi baru menyebut batuan berlapis di Australia Barat sebagai salah satu kehidupan paling awal yang diketahui di Bumi.

Studi tersebut menunjukkan, bahwa batuan berlapis itu terbentuk dari fosil mikroba fotosintesis yang disebut stromatolit berusia 3,48 miliar tahun.

"Studi baru menyimpulkan itu adalah kehidupan kuno. Kami menemukan struktur mikro tertentu dalam lapisan tertentu dari batuan yang menunjukkan proses biologis," kata Keyron Hickman-Lewis, ahli paleontologi di Natural History Museum di London.

Baca juga: Ahli Ungkap Batuan Basalt Turut Berperan dalam Kehidupan Awal

Sebelumnya, peneliti sempat ragu apakah batuan itu memang merupakan bentuk kehidupan kuno.

Pasalnya, waktu miliar tahun telah menghapus jejak bahan organik di stromatolit yang ditemukan di Formasi Dresser Australia Barat ini.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan, apakah memang benar dibentuk oleh mikroba atau dibuat oleh proses geologis lainnya.

Mengutip Live Science, Senin (14/11/2022) peneliti memeriksa stromatolit yang pertama kali ditemukan pada tahun 2000 oleh rekan penulis studi Frances Westall di Pusat Penelitian Ilmiah Nasional (CNRS) Prancis.

Mereka menggunakan berbagai teknik pencitraan 2D dan 3D resolusi tinggi untuk mengintip lapisan stromatolit dalam skala yang bagus. Dan apa yang mereka lihat mengisyaratkan pertumbuhan biologis.

Para peneliti mengamati lapisan yang tak rata, termasuk bentuk kubah kecil yang menunjukkan fotosintesis. Mereka juga melihat struktur kolumnar yang khas pada stromatolit modern yang masih ditemukan di beberapa lokasi di seluruh dunia.

Berdasarkan mineral di stromatolit, lapisan mikroba mungkin terbentuk di laguna dangkal yang dialiri oleh ventilasi hidrotermal yang juga terhubung ke laut.

Sementara itu, teknik yang digunakan untuk mempelajari stromatolit di Australia Barat ini juga dapat berguna untuk mencari kehidupan di Mars, terutama jika sampel Mars dapat dikembalikan ke Bumi.