Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2022, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Pancasila adalah dasar negara bangsa Indonesia. Gagasan dasar negara ini kali pertama diungkapkan dalam pidato Ir Soekarno pada 1 Juni 1945, yang kemudian tanggal tersebut dicatat sebagai sejarah lahirnya Pancasila.

Pancasila

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Isi atau bunyi Pancasila tersebut merupakan dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia, kelahirannya selalu diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Baca juga: Sejarah Hari Lahir Pancasila dan Penetapan Tanggal Merah Tiap 1 Juni

Lantas, bagaimana sejarah lahirnya Pancasila ini?

Lahirnya ideologi bangsa Indonesia ini, pada 1 Juni menjadi peringatan penting yang dilakukan setiap tahunnya sebagai Hari Lahir Pancasila.

Diberitakan Kompas.com, edisi 1 Juni 2022, penetapan 1 Juni sebagai peringatan Hari Lahir Pancasila dicatatkan pemerintah dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

Dalam buku Sejarah dan Budaya Politik (2002), karya Satya, Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mengadakan sidang pertama pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945 di gedung Chuo Sangi In yang sekarang menjadi Gedung Pancasila.

Kendati dalam rapat tersebut tidak menemukan titik terang, namun Soekarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasan tentang dasar negara Indonesia Merdeka yang dinamakan Pancasila pada 1 Juni 1945.

Baca juga: Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Indonesia di Rumah Perwira Jepang

Sejarah Hari Lahir Pancasila ini terdapat dalam pidato Soekarno sebagai presiden pertama Indonesia sejak tahun 1945.

Polemik di antara beberapa orang yang dianggap menyelewengkan Pancasila, membuat Presiden Soekarno menuntut untuk diadakan acara peringatan Hari Lahir Pancasila, tepat di hari ulang tahun ke-19 Pancasila, dikutip dari Historia.

1 Juni 1964 menjadi pertama kalinya peringatan Hari Lahir Pancasila digelar di Istana Merdeka, dengan slogan "Pancasila Sepanjang Masa".

Dalam peringatan hari lahirnya dasar negara Indonesia itu, Soekarno menguraikan kembali rumusan Pancasila beserta kelima sila.

Sejak saat itu, peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan peringatan terakhir bagi Sang Proklamator terjadi pada 1 Juni 1966.

 

Baca juga: Sejarah dan Asal-usul Banjarmasin, dari Kata Banjarmasih hingga Peperangan Pangeran Samudera

(Sumber: Kompas.com/Ellyvon Pranita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com