Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah dan Asal-usul Nama Jepara, Kota yang Dijuluki Bumi Kartini

Kompas.com - 21/04/2022, 08:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini, untuk menghormati pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini (R.A Kartini) yang lahir di Jepara. Kota Jepara memiliki sejarah menarik, serta asal-usul nama yang syarat makna.

RA Kartini dilahirkan di Jepara, 21 April 1879. Kota kelahiran pejuang emansipasi ini, merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Namun, sejarah dan asal-usul nama Jepara cukup menarik untuk diulik, serta kenapa disebut Jepara?

Menurut sejarawan Hindia Belanda Cornelis Lekkerkerker, kata "Jepara" berasal dari kata "ujungpara" yang kemudian berubah menjadi kata Ujung Mara, Jumpara, dan akhirnya menjadi Jepara atau Japara.

Kata Ujungpara berasal dari bahasa Jawa yang terdiri atas dua kata, yaitu Ujung dan Para. Kata Ujung (seperti halnya dalam bahasa Indonesia) berarti “bagian darat yang menjorok jauh ke laut”, sedangkan kata Para, berarti "menunjukkan arah”.

Dengan demikian, kedua kata tersebut jika digabung akan berarti suatu daerah yang letaknya menjorok jauh ke laut.

Sumber lain mengartikan Para sebagai Pepara, yang artinya bebakulan mrono mrene, yang kemudian diartikan sebuah ujung tempat bermukimnya para pedagang dari berbagai daerah.

Baca juga: Sejarah dan Asal-usul Kota Pontianak, Kisah Kuntilanak Mengganggu hingga Kun Tian

Sejarah dan asal usul nama Jepara kemudian berkembang dengan berbagai sebutan. Orang Jawa menyebut nama kota yang dijuluki Bumi Kartini ini menjadi Jeporo, dan orang Jawa yang menggunakan bahasa krama inggil menyebut Jepara menjadi Jepanten.

Sementara dalam bahasa Inggris disebut Japara dan orang Belanda menyebut Jepara dengan Yapara atau Japare.

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Jepara, kisah tentang daerah Jepara ini sudah ada jauh sebelum adanya kerajaan-kerajaan di tanah Jawa.

Di ujung sebelah utara pulau Jawa sudah ada sekelompok penduduk yang diyakini orang-orang itu berasal dari daerah Yunnan Selatan yang kala itu melakukan migrasi ke arah selatan. Jepara saat itu masih terpisah oleh selat Juwana.

Asal nama Jepara berasal dari perkataan ujung para, ujung mara dan jumpara yang kemudian menjadi Jepara, yang berarti sebuah tempat pemukiman para pedagang yang berniaga ke berbagai daerah.

Kabupaten Jepara terletak di pantai utara (pantura) timur Jawa Tengah yang bagian barat dan utaranya dibatasi langsung oleh laut.

Bumi Kartini ini adalah daerah paling ujung sebelah utara dari Provinsi Jawa Tengah, yang tidak hanya memiliki sejarah menarik. Salah satu wilayah dari kabupaten ini adalah Kepulauan Karimun Jawa yakni gugusan pulau-pulau di Laut Jawa yang menjadi bagian dari wisata Jepara yang cukup tersohor.

Baca juga: Sejarah dan Asal-usul Nama Ponorogo, Bermula dari Cerita Raden Bathoro Katong

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com