Neanderthal dan Manusia Hidup Berdampingan Lebih dari 2.000 Tahun

Kompas.com - 17/10/2022, 10:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkapkan bahwa Neanderthal dan manusia ternyata pernah hidup berdampingan selama lebih dari 2.000 tahun di Eropa, tepatnya di Perancis dan Spanyol.

Temuan ini menurut peneliti memberikan mereka banyak waktu untuk saling belajar dan bahkan kawin campur.

Dikutip dari Phys, Minggu (16/10/2022), penelitian sebelumnya tidak memberikan bukti manusia berinteraksi langsung dengan Neanderthal sekitar 42.000 tahun yang lalu.

Baca juga: Mutasi Gen Tunggal Bikin Manusia Modern Lebih Pintar dari Neanderthal

Akan tetapi studi genetik menunjukkan bahwa mereka pernah berinteraksi di beberapa titik.

Buktinya, orang-orang keturunan Eropa dan hampir semua orang di seluruh dunia memiliki sebagian kecil DNA Neanderthal.

"Kita tahu bahwa manusia dan Neanderthal bertemu di Eropa, tetapi kita tidak tahu di wilayah mana itu terjadi," ungkap Igor Djakovic, penulis utama studi baru dari Universitas Leiden.

Kapan tepatnya memang masih sulit dipahami, meski bukti fosil menunjukkan manusia modern dan Neanderthal hidup pada waktu yang sama.

Untuk mengetahui lebih lanjut, tim peneliti kemudian melihat penanggalan radiokarbon untuk 56 artefak, masing-masing 28 Neanderthal dan manusia, dari 17 situs di seluruh Perancis dan Spanyol utara.

Artefak termasuk tulang serta pisau batu khas, diduga dibuat oleh beberapa Neanderthal terakhir di wilayah tersebut.

Peneliti kemudian menggunakan pemodelan Bayesian untuk mempersempit rentang penanggalan.

Selanjutnya, tim juga memakai estimasi liner optimal yang merupakan teknik pemodelan baru untuk mendapatkan estimasi terbaik kapan Neanderthal terakhir hidup di kawasan itu.

Pemodelan menemukan bahwa Neanderthal di wilayah tersebut punah antara 40.870 dan 40.457 tahun yang lalu. Sementara manusia modern pertama kali muncul sekitar 42.500 tahun yang lalu.

Ini berarti kedua spesies itu hidup berdampingan satu sama lain di wilayah tersebut selama antara 1.400 dan 2.900 tahun.