Kompas.com - 20/10/2021, 19:31 WIB
Ilustrasi manusia Neanderthal. Arkeolog menemukan sisa sampah kuno di kawasan perkebunan milik keluarga mendiang Putri Diana di Althorp, Inggris. Diduga manusia Neanderthal, kerabat manusia modern ini adalah penghuni pertama rumah masa kecil Diana Spencer. Fährtenleser via WIKIMEDIA COMMONSIlustrasi manusia Neanderthal. Arkeolog menemukan sisa sampah kuno di kawasan perkebunan milik keluarga mendiang Putri Diana di Althorp, Inggris. Diduga manusia Neanderthal, kerabat manusia modern ini adalah penghuni pertama rumah masa kecil Diana Spencer.


KOMPAS.com - Sebuah penggalian situs arkeologi di Althrop, tempat di mana rumah masa kecil Putri Diana telah ditemukan jejak manusia Neanderthal yang diduga pernah tinggal di kawasan tersebut.

Para arkeolog menemukan tumpukan sampah kuno, yang berisi kerang hias berusia 40.000 tahun, tanduk dan batu api.

Menurut The Telegraph, seperti dilansir dari Live Science, Rabu (20/10/2021), lokasi penggalian situs tersebut merupakan kawasan perkebunan di mana Diana Spencer dibesarkan dan mungkin manusia Neanderthal adalah penghuni pertama sebelum keluarga mendiang Putri Diana mendiaminya.

"Kami tidak berpikir cangkang itu adalah sisa-sisa makanan prasejarah, karena Althorp bahkan lebih jauh dari laut daripada sekarang," kata pemimpin penggalian Roger Michel, direktur Institut Arkeologi Digital.

Namun, menurutnya, manusia purba Neanderthal juga menjadikan cangkang kerang ini sebagai hiasan atau sebagai taji mutiara untuk perhiasan.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Gigi yang Mengungkap Kawin Silang Manusia Neanderthal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Menurut analisis penanggalan pada cangkang yang ditemukan di kawasan perkebunan keluarga Putri Diana tersebut, memastikan bahwa itu adalah periode pada saat manusia purba Neanderthal, Homo neanderthalensis, tinggal di tempat yang sekarang Inggris.

Setidaknya, kerabat dekat manusia modern ini tiba di daerah tersebut kemungkinan telah datang sekitar 400.000 tahun yang lalu.

Sementara manusia modern, Homo sapiens, tiba di Inggris sekitar 40.000 tahun yang lalu, sama seperti populasi Neanderthal di seluruh Eropa yang semakin berkurang dan saat spesies itu menuju kepunahan.

Peneliti menyimpulkan, kemungkinan cangkang kerang tersebut bisa saja dibuat oleh manusia modern atau Neanderthal.

Penemuan artefak manusia Neanderthal

Menurut The Telegraph, para arkeolog tidak berangkat untuk menemukan jejak manusia Neanderthal yakni artefak Paleolitik di perkebunan Spencer, di rumah masa kecil Putri Diana yang terletak di West Northamptonshire, Inggris.

Baca juga: Sebelum Punah, Manusia Purba Neanderthal Bersembunyi di Ruang Rahasia Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.