Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2021, 19:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Sebuah penggalian situs arkeologi di Althrop, tempat di mana rumah masa kecil Putri Diana telah ditemukan jejak manusia Neanderthal yang diduga pernah tinggal di kawasan tersebut.

Para arkeolog menemukan tumpukan sampah kuno, yang berisi kerang hias berusia 40.000 tahun, tanduk dan batu api.

Menurut The Telegraph, seperti dilansir dari Live Science, Rabu (20/10/2021), lokasi penggalian situs tersebut merupakan kawasan perkebunan di mana Diana Spencer dibesarkan dan mungkin manusia Neanderthal adalah penghuni pertama sebelum keluarga mendiang Putri Diana mendiaminya.

"Kami tidak berpikir cangkang itu adalah sisa-sisa makanan prasejarah, karena Althorp bahkan lebih jauh dari laut daripada sekarang," kata pemimpin penggalian Roger Michel, direktur Institut Arkeologi Digital.

Namun, menurutnya, manusia purba Neanderthal juga menjadikan cangkang kerang ini sebagai hiasan atau sebagai taji mutiara untuk perhiasan.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Gigi yang Mengungkap Kawin Silang Manusia Neanderthal

 

Menurut analisis penanggalan pada cangkang yang ditemukan di kawasan perkebunan keluarga Putri Diana tersebut, memastikan bahwa itu adalah periode pada saat manusia purba Neanderthal, Homo neanderthalensis, tinggal di tempat yang sekarang Inggris.

Setidaknya, kerabat dekat manusia modern ini tiba di daerah tersebut kemungkinan telah datang sekitar 400.000 tahun yang lalu.

Sementara manusia modern, Homo sapiens, tiba di Inggris sekitar 40.000 tahun yang lalu, sama seperti populasi Neanderthal di seluruh Eropa yang semakin berkurang dan saat spesies itu menuju kepunahan.

Peneliti menyimpulkan, kemungkinan cangkang kerang tersebut bisa saja dibuat oleh manusia modern atau Neanderthal.

Penemuan artefak manusia Neanderthal

Menurut The Telegraph, para arkeolog tidak berangkat untuk menemukan jejak manusia Neanderthal yakni artefak Paleolitik di perkebunan Spencer, di rumah masa kecil Putri Diana yang terletak di West Northamptonshire, Inggris.

Baca juga: Sebelum Punah, Manusia Purba Neanderthal Bersembunyi di Ruang Rahasia Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com