Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Fungsi Sirip pada Ikan beserta Jenis-Jenisnya?

Kompas.com - 16/07/2022, 17:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

apa fungsi sirip pada ikan -

KOMPAS.comSirip ikan berfungsi sebagai alat gerak dan untuk stabilisasi tubuh ikan. Bentuk dan lokasi sirip ikan menentukan fungsi khususnya dan merupakan bentuk adaptasi ikan terhadap bentuk badan dan lingkungannya.

Menurut letaknya, sirip terbagi menjadi lima macam. Berikut penjelasannya.

1. Sirip dorsal

Sirip dorsal adalah sirip yang terletak di punggung. Sirip ini bekerja sama dengan sirip anal untuk menjaga posisi ikan tetap tegak dan tidak terbalik atau terguling ketika berganti arah atau terkena arus.

Bentuk sirip punggung ini bermacam-macam, ada yang pendek atau panjang sepanjang punggung. Sebagian besar sirip punggung hanya berjumlah satu. Namun, ada beberapa jenis ikan yang berjumlah dua lembar. Jari-jari sirip ini juga bervariasi, sebagian memiliki jari-jari sirip yang keras, sementara sebagian lainnya lunak.

2. Sirip kaudal

Sirip kaudal adalah sirip yang terletak di bagian belakang atau disebut juga dengan ekor. Sirip kaudal berfungsi untuk menggerakkan ikan berbelok ke kanan dan kiri, serta mendorong ikan untuk maju.

Bentuk ujung siripnya bervariasi berdasarkan kebiasaan dan kebutuhan renangnya terhadap lingkungannya. Berikut macam-macam bentuk sirip kaudal:

  • Membulat: banyak ditemukan pada ikan yang berenang dengan lambat, contohnya ikan gurami dan ikan kecil lainnya.
  • Berlekuk tunggal: contohnya ikan mas.
  • Berlekuk ganda: contohnya Balistes capriscus.
  • Membentuk garpu: ikan yang berenang dengan cepat., contohnya ikan predator.
  • Membentuk bulan sabit: ikan yang berenang terus-menerus, contohnya ikan tuna.
  • Baji (berujung lancip): contohnya ikan Cynobillineatus.

3. Sirip anal

Sirip anak terletak di belakang dubur, tepatnya di antara dubur dan ekor. Sesuai yang telah disebutkan sebelumnya, sirip anal bekerja bersama sirip dorsal untuk menjaga tubuh ikan tetap tegak dan tidak terbalik.

Ada sirip anal yang unik, yaitu sirip anal yang memanjang dan menyatu dengan sirip kaudal. Fitur unik ini ditemukan pada ikan belida.

Baca juga: Ikan Channa, Predator Mini yang Diminati Menjadi Ikan Hias

4. Sirip ventral

Sirip ventral adalah sirip yang terletak di sekitar perut. Ikan yang memiliki sepasang sirip ventral. Sirip ini berfungsi untuk menyeimbangkan posisi ikan serta mengatur ketinggian ikan di dalam air. Sirip ventral akan aktif untuk bergerak maju dan ke air yang lebih dalam.

Pada beberapa spesies, sirip ventral memiliki fungsi lain yaitu organ penyalur sperma. Contoh fungsi tersebut terdapat pada hiu jantan dan anggota Elasmobranchi. Sirip ini juga bisa menjadi cengkeram atau semacam jangkar agar ikan bisa diam pada titik tertentu dan tidak terbawa arus, contohnya ikan Glypthothorax platypogon.

5. Sirip pektoral

Sirip pektoral adalah sirip yang terletak di belakang insang. Sirip pektoral jumlahnya ada sepasang, sama seperti sirip ventral. Sirip ini bisa melakukan semua fungsi sirip, seperti untuk berbelok, bergerak maju, mengerem, dan mengatur kedalaman.

Bentuk sirip pektoral juga memengaruhi fungsinya. Sirip pektoral yang lancip biasa dimiliki ikan perenang cepat, seperti ikan tuna. Jika siripnya panjang, biasanya ikan ini hidup melayang di dalam air. Sedangkan pada ikan yang berenang lambat, bentuk siripnya membulat.

Sirip memiliki peran yang penting untuk membantu pergerakan, stabilisasi ikan, serta untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com