Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Pari Manta, Ikan Pari Terbesar di Dunia yang Terancam Punah

Kompas.com - 22/05/2022, 20:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comIkan pari manta adalah ikan pari yang paling besar dan termasuk salah satu ikan terbesar di dunia. Dalam IUCN Red List, ikan pari manta memiliki status endangered atau terancam punah.

Ikan pari manta adalah ikan yang pintar. Ikan ini memiliki otak terbesar diantara ikan berdarah dingin lainnya. Otak ini membuat ikan pari manta memiliki fungsi kognitif yang baik, seperti yang dimiliki oleh lumba-lumba, primata, dan gajah.

Klasifikasi

Dilansir dari Fisheries National Oceanic and Atmospheric Administration, berikut adalah klasifikasi ikan pari manta:

  • Kingdom: Animalia
  • Phylum: Chordata
  • Kelas: Chondrichthyes
  • Ordo: Rajiformes
  • Famili: Mobulidae
  • Genus: Manta
  • Spesies: birostris

Morfologi

Ikan pari manta adalah ikan pari terbesar yang bisa memiliki lebar rata-rata 4 sampai 5 meter. Namun, ikan pari manta terbesar yang pernah ditemukan adalah 8,8 meter. Berat ikan ini bisa mencapai 2.000 kilogram.

Ciri khas ikan pari manta adalah bagian atas tubuhnya di bagian bahu terdapat bagian berwarna putih berbentuk 2 segitiga. Hal ini membuat ilusi optik seolah terdapat huruf T berwarna hitam di punggung ikan pari raksasa ini.

Ciri khas yang kedua adalah cuping kepala yang disebut dengan gill plates. Gill plates terletak di ujung mulut ikan pari manta dan berwarna hitam. Bagian inilah yang sering diburu para pemburu liat dan menyebabkan populasi ikan pari manta terancam.

Berbeda dengan ikan pari lainnya, ikan pari manta tidak memiliki duri pada ekornya. Ikan pari manta juga menggunakan mulutnya yang besar untuk menyaring plankton dan ikan kecil dari perairan untuk menjadi makanannya.

Baca juga: Cara Ikan Pari Berkembang Biak

Cara berkembang biak

Cara berkembang biak ikan pari manta adalah dengan vivipar. Ikan pari manta betina hanya bisa melahirkan satu ekor bayi ikan pari manta dalam dua hingga tiga tahun sekali. Masa kehamilannya pun cukup panjang, yaitu hampir 1 tahun.

Ikan pari manta bisa hidup hingga 40 tahun. Namun, pertumbuhan dan perkembangan ikan pari manta belum cukup dipahami oleh para ilmuwan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com