Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Tips Aman Berolahraga bagi Lansia

Kompas.com - 04/04/2022, 11:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring dengan bertambahnya usia, aktivitas fisik seperti olahraga jarang dilakukan.

Salah satu hal yang menyebabkannya, mungkin karena kemampuan fisik yang sudah tidak bugar seperti dahulu lagi, ataupun takut mengalami gangguan kesehatan.

Nyatanya di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, olahraga sangat penting dilakukan untuk meningkatkan sistem imun dalam mencegah penyakit menular maupun penyakit tidak menular.

Baca juga: Ini Tips Puasa untuk Lansia, Hindari Makanan Tinggi Gula hingga Rutin Olahraga

Dokter spesialis kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, Sp.KO mengatakan, salah satu penanganan dari penyakit tidak menular seperti obesitas, hipertensi, jantung, dan kolesterol tinggi adalah olahraga.

"Kelompok lansia mengatakan dahulu bisa melakukan olahraga, tapi sekarang enggak mampu, ataupun yang bersangkutan mau untuk berolahraga namun anak, cucu melarang berolahraga karena khawatir terjadi sesuatu dan terjadi gangguan kesehatan," ujar Michael dalam webinar, Minggu (3/4/2022).

Diakuinya, sebagian besar orang yang enggan berolahraga karena melihat sulitnya latihan fisik yang dijalani. 

Padahal, banyak jenis olahraga ringan hingga sedang yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

Di samping itu, sebagian orang meyakini, semakin berat olahraga yang dilakukan maka tubuh akan jauh lebih sehat dan tidak terkena penyakit sebagaimana yang dilakukan para atlet.

"Namun, pendapat masyarakat seperti ini adalah salah. Mengapa? Atlet juga banyak yang mengalami sakit pada waktu awal pandemi Covid, atlet kami terpapar dengan Covid. Jadi, olahraga yang berat menjadi super sehat adalah hoaks," imbuhnya.

Pada akhirnya, banyak orang termasuk lansia yang takut untuk melakukan olahraga, karena beranggapan harus melakukan olahraga berat untuk sehat.

Nyatanya, olahraga intensitas ringan hingga sedang yang dilakukan secara rutin, justru dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan termasuk penyakit Covid-19.

"Jadi pada saat Covid, kita tetap diminta untuk melakukan olahraga termasuk para lansia, namun olahraga ringan sampai sedang. Agar risiko terpapar penyakit menjadi minimal," ucap Michael.

Baca juga: 4 Kelompok Paling Berisiko Saat Terinfeksi Covid-19, Salah Satunya Lansia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com