Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hewan Purba Laut yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Kompas.com - 13/03/2022, 18:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comHewan purba laut merupakan suatu misteri karena luas dan dalamnya lautan. Tidak banyak hewan laut zaman prehistori yang ditemukan fosilnya. Selain itu, ada pula hewan purba laut yang masih hidup sampai sekarang.

Ubur-ubur

Ubur-ubur adalah hewan purba laut yang masih hidup hingga sekarang. Ubur-ubur telah hidup sejak 500 juta tahun yang lalu. Ubur-ubur diperkirakan akan tetap hidup untuk waktu yang lama. Bahkan, hewan purba ini tidak pernah masuk ke dalam daftar hewan yang terancam punah.

Kepiting tapal kuda

Ahli temukan fosil otak kepiting tapal kuda Euproops danae berusia 310 juta tahun. Alam membantu fosil ini terawetkan dengan sempurna selama ratusan juta tahun.Russell Bicknell via Live Science Ahli temukan fosil otak kepiting tapal kuda Euproops danae berusia 310 juta tahun. Alam membantu fosil ini terawetkan dengan sempurna selama ratusan juta tahun.

Kepiting tapal kuda juga merupakan hewan purba yang sudah hidup sejak 450 juta tahun lalu. Kepiting jenis ini bahkan tidak banyak berubah sejak awal ditemukan. Sayangnya, tidak seperti ubur-ubur, kepiting tapal kuda termasuk salah satu binatang yang terancam punah.

Nautilus

NautilusCommons Wikimedia Nautilus

Nautilus adalah chepalopoda dari zaman purba yang masih hidup. Nautilus sudah ada sejak 500 juta tahun yang lalu. Reproduksi dan pertumbuhan nautilus sangat lambat, sehingga membuat populasi hwan bercangkang ini semakin menurun.

Baca juga: Hewan Purba Dijuluki Ikan Penghisap Darah Ini Muncul Lagi di Australia

Coelacanth

Coelacanth ditemukan di sekitar garis pantai Indonesia dan Samudera Hindia.Getty Images Coelacanth ditemukan di sekitar garis pantai Indonesia dan Samudera Hindia.

Hewan purba laut yang satu ini sebenarnya telah dianggap punah waktu 65 juta tahun yang lalu ketika kepunahan dinosaurus. Uniknya, Coelacanth ditemukan kembali pada tahun 1938.
Ikan ini bisa tumbuh hingga sepanjang 182 sentimeter. Namun, perubahan iklim membuat ikan ini berada dalam daftar hewan yang terancam punah.

Lamprey

Lamprey adalah ikan parasit dan merupakan salah satu ikan purba yang berhasil bertahan. Struktur tubuh ikan ini lebih mirip dengan belut, karena tidak bertulang.

Lamprey disebut ikan parasit karena hidup dengan mengisap darah binatang-binatang di sekitarnya. Lamprey memiliki gigi tajam pada mulutnya yang berfungsi untuk menempel pada ikan yang akan diisap darahnya

Itu dia 5 hewan laut purba yang masih hidup sampai sekarang. Apa kamu pernah melihat salah satunya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com