Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kematian Covid-19 Selama Pandemi, Lebih dari 6 Juta Orang Meninggal karena Covid-19

Kompas.com - 09/03/2022, 08:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Sudah tiga tahun masyarakat dunia menghadapi pandemi virus corona. Selama ini pula, tercatat kasus kematian Covid-19 secara global, sudah lebih dari 6 juta orang meninggal dunia karena penyakit ini.

Catatan kematian Covid-19 tersebut menurut perhitungan sumber resmi yang dikumpulkan oleh AFP pada Selasa (8/3/2022).

Dilansir dari Medical Xpress, sebanyak 6.003.081 orang meninggal karena Covid-19 yang disebabkan oleh infeksi virus corona yang menjadi awal dari pandemi penyakit baru di seluruh dunia.

Tonggak sejarah yang terjadi ketika jumlah infeksi dan kematian akibat Covid-19 ini terus menurun di sebagian besar wilayah di dunia, kecuali Asia.

Hong Kong tercatat mengalami wabah Covid-19 terburuknya di tahun ini, sementara negara Oseania, di mana Selandia Baru juga telah mencatat lonjakan kasus Covid-19.

Baca juga: Kematian Covid-19 Tertinggi Selama Pandemi, Rumah Sakit Penuh Berkontribusi

Rata-rata kematian Covid-19 harian secara global selama tujuh hari terakhir telah mengalami tren penurunan, menjadi 7.170 kasus orang meninggal karena Covid-19Covid-19 sepanjang pandemi ini. 

Jumlah tersebut turun 18 persen dalam sepekan, melanjutkan tren yang terlihat sejak puncak gelombang Omicron pada awal Februari meskipun banyak negara melonggarkan pembatasan.

Sedangkan di Amerika Serikat mencatatkan 960.311 kasus kematian akibat virus corona, diikuti Brasil dengan 652.341 kasus kematian Covid-19 dan India dengan 515.210 kasus kematian Covid-19.

Sementara itu, sebagian besar negara di dunia sedang belajar untuk hidup dengan penyakit ini, China tetap berkomitmen untuk memberantasnya dan telah menginstruksikan Hong Kong agar mengejar pendekatan tanpa toleransi.

Sepanjang pandemi virus corona ini berlangsung, di tahun ini, kasus infeksi virus corona di Hong Kong mulai merangkak naik, demikian juga dengan angka kematian akibat Covid-19.

Baca juga: Kematian Covid-19 Tembus 2 Juta, Varian Baru Virus Corona bisa Perburuk Pandemi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com