Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khasiat Teh Krisan, Teh Herbal yang Kaya Akan Antioksidan

Kompas.com - 25/11/2021, 14:04 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Teh krisan adalah teh yang berasal dari bunga chrysanthemum. Krisan adalah bunga yang banyak digunakan untuk hiasan, namun juga bisa dimakan dan dipercaya memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah khasiat teh krisan bagi kesehatan.

1. Menjaga tekanan darah dan mencegah penyakit jantung

Teh krisan termasuk ke dalam obat herbal China yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Ternyata, hal ini terbukti oleh penelitian ilmiah yang menemukan teh krisan bisa menurunkan tekanan darah.

Krisan kaya akan potasium yang penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Mencukupi kebutuhan potasium harian terbukti mampu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

2. Bisa menjadi antibiotik alami

Manfaat teh krisan selanjutnya adalah antibiotik alami. Dalam penelitian di laboratorium, krisan menunjukkan efek antibakteri yang kuat dan mencegah penyebaran bakteri. Jika diminum dalam bentuk teh, kandungan antibakterinya mungkin kurang kuat untuk digunakan sendiri. Namun, ini bisa menunjang jika dikombinasikan dengan antibiotik lainnya.

Baca juga: Khasiat Daun Binahong, Antibiotik Alami yang Ampuh

3. Membantu merawat osteoporosis

Penelitian menemukan bahwa teh krisan berkhasiat untuk meredakan osteoporosis. Namun, untuk mendapatkan manfaat ini, seseorang harus mengonsumsi teh krisan secara rutin.

4. Mencegah kanker lambung

Sebuah penelitian menemukan bahwa teh krisan memiliki efek antiinflamasi dan mampu menyembuhkan luka pada lambung yang bisa memicu kanker lambung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menemukan dosis efektif dari teh krisan untuk manfaat yang satu ini.

Itu dia khasiat teh krisan bagi kesehatan. Ternyata teh herbal ini banyak sekali manfaatnya, ya. Selama mencoba minum teh krisan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com